Apa itu SEO? dan mengapa kamu harus mengetahuinya?Â
Jadi, bayangkan kamu adalah seorang tukang catat, tetapi bukan tukang catat biasa. Sebab kamu akan mencatat seluruh hal di dunia, sampai kamu punya banyak sekali catatan di dalam rumahmu. Lalu, singkatnya, ribuan orang akan bergantung pada catatan yang kamu miliki untuk menemukan informasi yang mereka pikirkan. Apa yang kamu butuhkan?
Sebuah sistem. Ya, sistem untuk mencari seluruh catatan yang kamu miliki dan memberikannya secara otomatis kepada orang-orang yang membutuhkan catatan tersebut dan tentunya orang yang tepat.Â
Sistem yang akurat dan cepat, tukang catat itu bernama Google. Google memiliki sistem yang dapat mengumpulkan serta mengelola informasi dari seluruh website yang ada. Satu kata kunci Google akan segera menampilkan hasil paling relevan di antara seluruh informasi yang ia miliki.Â
Sistem tersebut dinamakan sebagai algoritma mesin pencari atau algoritma Google. Sekarang bagaimana jika kamu punya website berisi informasi yang berpotensi untuk dicari oleh para pengguna internet? Tentu yang kamu inginkan tersebut muncul di halaman depan Google, bukan?Â
Untuk itulah kamu membutuhkan  seluruh usaha yang bertujuan untuk menempatkan website di halaman pertama hasil pencarian. Search engine untuk kata kunci yang diinginkan disebut SEO, yang adalah singkatan dari search engine optimization atau optimasi mesin pencari.
Salah satu teknik untuk mendapatkan pengunjung secara organik dan gratis melalui pencarian Google, dengan memperhatikan teknik yang sebagian besar disarankan sendiri oleh Google, di antaranya :
- Membuat konten berkualitas tinggi.Â
- Membubuhkan kata kunci dalam konten pada posisi tepatÂ
- Setup permalinks
- Title
- Description  snippetÂ
- Meta tagÂ
- Inner-outer link pada konten tersebutÂ
- Menerapkan optimasi on-page pada web secara keseluruhanÂ
- Melakukan optimasi Off Page dengan social sharing
- Link building untuk meningkatkan kredibilitas dan lain sebagainyaÂ
Dengan mengetahui SEO, kita tidak hanya sekedar membuat konten. Melainkan juga mengoptimasinya agar lebih ramah dengan mesin mencari sehingga muncul di halaman pertama untuk kata kunci yang relevan.
Lalu bagaimana dengan potensinya? Jelas luar biasa. Selama produk atau bisnis kamu dicari oleh pengguna melalui Google, selama itu pula berpotensi untuk memberikan traffic tertarget paling besar dan traffic adalah uang.
SEO punya kue paling besar. Lebih dari 70% lalu lintas traffic di jagad maya, berasal dari mesin pencari yang paling baik konversinya. Orang yang mencari sesuatu melalui Google sudah pasti sedang membutuhkan sebuah informasi, dan jika itu adalah buying keyword seperti review produk, harga dan lain-lain, maka buying intent nya juga pasti tinggi.Â
Bandingkan dengan iklan yang tiba-tiba lewat di depan kita tanpa diminta, tentu dibutuhkan proses penjualan yang lebih panjang sebelum seseorang memutuskan untuk membelinya, bukan?