Mohon tunggu...
Tito Adam
Tito Adam Mohon Tunggu... Social Media Specialist | Penulis | Fotografer | Editor Video | Copy Writer | Content Writer | Former Journalist

Senang untuk belajar dan belajar untuk senang | Instagram @titoadamp | Email titoadamp@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Pentingnya Stretching Ringan di Sela-Sela Kesibukan Kerja Pegawai Kantoran

29 April 2021   21:16 Diperbarui: 29 April 2021   21:42 1112 6 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pentingnya Stretching Ringan di Sela-Sela Kesibukan Kerja Pegawai Kantoran
Ilustrasi. Sumber: popmama

Terkadang sibuknya pekerjaan membuat kita lupa waktu. Lupa waktu untuk istirahat, makan, bahkan terkadang kita lupa tidur saat terlalu fokus mengerjakan pekerjaan.

Nah, terkadang kalau sudah duduk lama, seseorang akan mempertahankan posturnya dalam posisi duduk dalam jangka waktu yang lama untuk menyokong lengan dan tangan melakukan aktivitas yang repetitif.

Berdasarkan website Unair, duduk dalam posisi yang lama bisa meningkatkan risiko terjadinya cedera kumulatif atau repetitif dari tendon, tulang , saraf dan jaringan lunak lainnya.

Penyakit ini masuk di dalam kelompok besar penyakit musculoskeletal yang disebut Musculoskeletal Disorder (MSDs). Meskipun tampak sepele, ternyata menjadi penyebab banyaknya pekerja ke dokter. Angkanya mencapai 70 juta kunjungan tiap tahun di Amerika.

Menurut data Unair, MSDs banyak ditemukan pada laki-laki dibandingkan perempuan. Sedangkan area yang sering alami banyak masalah adalah area leher, punggung, bahu, pergelangan tangan, dan jari-jari. 

Gejala yang paling sering timbul antara lain nyeri, rasa tebal, kesemutan, rasa seperti terbakar dan kelemahan.

Lalu apa yang bisa kamu lakukan? Do stretching!!

Dilansir dari laman resmi Kemenkes, Peregangan atau stretching di tengah padatnya jam kerja dianggap mampu menjaga fleksibilitas otot. Apalagi kalau pekerjaan Anda menuntut untuk duduk di depan komputer selama berjam-jam.

Karena ruang di kantor terbatas, stretching adalah hal yang paling bisa dilakukan dengan gerakan - gerakan simpel.

Laman resmi Kemenkes memberitahu langkah-langkah stretching sederhana, kamu bisa memulainya dengan melenturkan leher ke depan-belakang, kanan-kiri, serta menoleh pelan-pelan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN