Mohon tunggu...
Tito Adam
Tito Adam Mohon Tunggu... Social Media Specialist | Penulis | Fotografer | Editor Video | Copy Writer | Content Writer | Former Journalist

Senang untuk belajar dan belajar untuk senang | Instagram @titoadamp | Email titoadamp@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Media Artikel Utama

Berkenalan dengan Mereka, "Sutradara" di Balik Layar Suksesnya Akun Medsos

10 Februari 2021   15:25 Diperbarui: 17 Februari 2021   03:38 629 13 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berkenalan dengan Mereka, "Sutradara" di Balik Layar Suksesnya Akun Medsos
Ilustrasi pemanfaatan sosial media. Sumber foto: Shutterstock via Kompas.com)

Di era serba digital, kita sering sekali membuka banyak platform media digital untuk mendapatkan informasi, berita ataupun mencari sebuah hiburan di saat penat atau waktu luang. Salah satu platform media digital yang paling banyak diakses adalah sosial media. Pengguna social media di Indonesia menjadi salah satu pengguna terbanyak di dunia.

Berdasarkan data dari digital 2020 tahun kemarin, dari sebanyak 272 juta warga Indonesia terdapat  sebanyak 160 juta user aktif sosial media. Bahkan dari data tersebut, Indonesia ternyata masuk ke dalam 5 besar pengguna yang menghabiskan waktu terbanyak dalam bermain sosial media. Netizen +62 ternyata memiliki durasi rata - rata menghabiskan waktu selama 3 jam 26 menit selama membuka sosmed dengan berbagai device.

Pertumbuhan sosial media inilah, yang membuat banyak perusahaan, pemerintahan atau bahkan media sendiri memiliki akun sosial media dalam mengenalkan brand-nya. Dengan meningkatnya awareness terhadap sosial media, maka tentu saja job terkait sosial media ini mulai banyak dibuka.

Dibukanya lowongan kerja terkait sosial media ini tentu terkadang dianggap banyak orang merupakan pekerjaan yang mudah karena hanya dianggap seperti bermain medsos pada umumnya. Beberapa menganggap pekerjaan ini mudah hanya tinggal upload postingan saja atau sekedar merespons saja. Benarkah demikian?

Nah, untuk itu, saya mau kasih tahu ternyata banyak jenis pekerjaan terkait sosial media ini. Jadi kamu jangan salah paham ya!

1. Content Creator

Ilustrasi salah satu content creator. Sumber foto : fastcompany
Ilustrasi salah satu content creator. Sumber foto : fastcompany

Kamu pasti sering kan mengikuti melihat youtuber atau selebgram yang selalu ada aja konten yang dibahas untuk diposting. Entah itu berbentuk prank, talkshow, podcast video, dsb. Nah mereka itulah yang disebut sebagai Content Creator!

Tugas mereka adalah bagaimana mengemas sesuatu menjadi konten yang menarik, mulai dari pengambilan gambar, dialog, angle dan tema konten hingga mengemas konten tersebut agar ciamik supaya jadi viral.

Itu sebabnya, hasil karya content creator selalu bisa ambil sisi emosional netizen yang melihat karya mereka tersebut. Karena memang mereka yang mengatur semua hal terkait konten tersebut agar viral dan ujung- ujungnya menghasilkan ads.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x