Mohon tunggu...
titin wijayanti
titin wijayanti Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswa

pmm umm

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

PMM UMM Kelompok 87 Gelombang 5: Meningkatkan Harga Jual dan Optimalisasi

25 Juni 2021   17:44 Diperbarui: 25 Juni 2021   17:45 70 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto: Dokumentasi Pribadi

Pengabdian masyarakat oleh mahasiswa (PMM) merupakan program dari direktorat penelitian dan pengabdian Masyarakat (DPPM-UMM). Dalam program PMM ini sebagi bentuk dari pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa.PMM ini merupakan program pengganti KKN ( Kuliah Kerja Nyata ) yang tidak dapat dilakukan sebagimana mestinya karena adanya pademi Covid-19 ( Corona Virus Disease). 

Yang di dampingi dan di bimbing oleh Lintang Satiti Mahabella. ST.MT , Sebagai Dosen Pembimbing Lapangan DPL. Kegiatan PMM dilakukan pada masa Pandemic Covid-19 dengan tetap mematuhi Protokol kesehatan sesui ajuran dari kebupaten Malang dan daerah Ngroto , adapun program unggulan kami yakni Membat inovasi baru pada UMKM yang ada di desa Ngroto dan meningkatkan harga jual sayur bayam, sebelumnya kelompok kami telah mempertimbangkan bagai mana caranya mempertahankan prekonomian dalam masa Covid-19 perdampak ke segala sektor. 

Salah satunya dalam sektor ekonomi, hal ini dapat juga di rasakan oleh semua kalangan bukan hanya mikro dan makro saja dalam hal ini setiap perusahaan ataupun wirausahawan melakukan antisipasi dengan melakukan PHK, dan menimbulkan banyaknya pengangguran baru.  

Foto: Dokumentasi Pribadi
Foto: Dokumentasi Pribadi
Maka dari itu kelompok kami berinisiatif agar setiap orang yang ada dalam keluarga dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah dan mencukupi kebutuhan sehari-hari. Agar tidak terjadi saling menggantungkan satu sama lain, Lewat inovasi yang di kembangkan oleh para Mahasiswa Muhammadiyah Malang dengan program Pengabdian Mayarakt olehh Mahasiswa (PMM), yaitu dengan berinovasi membuat Snack yang terbuat dari sayur bayam (stik bayam) yang di kelola dengan alat dan bahan yang sederhana dan mudah di dapat, pengembangan UMKM ini bertujuan untuk meningkatkan potensi petani bayam dan meningkatkan harga jual sayur bayam dan membantu meningkatkan UMKM  pada Desa Ngroto Kecamatan Pujon.  Para mahasiswa ini melakukan kerjasama dengan berbagi pihak salah satunya ibu-ibu PKK dan di koordinasi dengan Kelompok PMM kelompok 87 Glombang 5  untuk saling berkerja sama dan melakukan pengembangan ekonomi di desa Ngroto tersebut, dalam kegiatan ini kami sebagai mahasiswa berantusias agar inovasi yang kelompok kami buat dapat dijadikan sebuah bisnis dan juga dapat dijadkan sebagai ciri khas oleh-oleh dari desa Ngroto Kecamatan Pujon Malang Jawa Timur.

Selanjutkan Program Unggulan kelompok kami yang ke-2 yakni Sosialisasi Cara Menjaga Kersihahan Dan Pencegaha Covid-19 Kepada Para Siswa-Siswi Sd Negeri 2  Ngroto Oleh Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Malang Dalam Rangka Kegitan PMM (Pengabdian  Masyarakat oleh Mahasiswa)

Dalam upaya kegitan di era new normal ini salah satu sektor pendidikan mulai di buka kembali dan melakukan aktifitas seperti sebelumnya dengan berbagai persyaratan yang harus di lakukan  salah satunya yaitu dengan cara melakukan social distancing dan menaati protokol kesehatan yang telah di buat oleh pemerintah, maka dari itu para mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang dalam rangka kegiatan yang di adakan kampus (PMM) Melakukan sosialisasi terhadap siswa siswi di SD Negeri 2 Ngroto, dalam kegiatan tersebut para Mahasiswa melakukan kegiatan seperti membagikan masker, nobar dengan tema menjaga diri sendiri dengan menjaga kebersihan dan para mahasiswa mengajarkan bagai mana mencuci tangan dengan benar. Dalam kegiatan ini para mahasiswa  di pantau oleh para guru dan bapak kepala sekolah SD Negeri 2 Ngroto.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan