Mohon tunggu...
Titan Infra Group
Titan Infra Group Mohon Tunggu... Editor - admin
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Titan infra energy adalah perusahaan tambang pilihan yang memiliki sinergi terintergritas.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Tongkang Jadi Andalan Transportasi Batubara

13 Desember 2022   23:10 Diperbarui: 13 Desember 2022   23:18 922
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Tongkang batubara adalah sebuah tongkang atau barge yang digunakan untuk mengangkut batubara dari lokasi penambangan ke pelabuhan atau ke lokasi penggunaannya. 

Tongkang batubara biasanya digunakan di wilayah pertambangan batubara yang terletak di darat atau di daerah pegunungan yang sulit dijangkau oleh jalan darat. Tongkang batubara juga dapat digunakan untuk mengangkut muatan lain, seperti pasir atau tanah, tergantung pada kebutuhan dan kondisi operasionalnya. 

Keunggulan Tongkang Dibandingkan Angkutan Lain

Ada beberapa keunggulan atau keuntungan dari penggunaan tongkang batubara dibandingkan dengan metode pengangkutan lainnya. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Biaya yang lebih efektif: Tongkang batubara dapat mengangkut muatan dalam jumlah besar sekaligus, sehingga dapat mengurangi biaya transportasi dibandingkan dengan menggunakan kendaraan bermotor atau kereta api.

  2. Flexibilitas: Tongkang batubara dapat digunakan di berbagai jenis kondisi, baik di sungai, laut, ataupun di daerah pegunungan yang sulit dijangkau oleh jalan darat.

  3. Kepraktisan: Tongkang batubara dapat dengan mudah dibongkar pasang sesuai kebutuhan, sehingga dapat digunakan kembali untuk mengangkut muatan lain.


  4. Konservasi lingkungan: Penggunaan tongkang batubara dapat membantu mengurangi emisi gas rumah kaca dibandingkan dengan menggunakan kendaraan bermotor atau kereta api.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan tongkang batubara juga memiliki beberapa kelemahan, seperti kurangnya keamanan dan stabilitas dibandingkan dengan metode pengangkutan lainnya.

Perusahaan Di Sumsel telah menggunakan kapal Tongkang

Titan Infra energy memfasilitasi pengusaha batu bara yang memerlukan layanan transportasi. Khususnya, infrastruktur berupa kapal tongkang untuk mengangkut hasil pertambangan.

Perusahaan ini memberikan pelayanan infrastruktur energi batu bara yang dilakukan dengan sistem pengangkutan sistematis. Salah satunya menyediakan kapal ponton/barge dalam proses pengangkutan.

Titan Infra sebagai perusahaan transportasi tongkang batu bara melaksanakan pemurnian kualitas, sehingga konsumsi batu bara dapat digunakan untuk pembangkit listrik.

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun