Mohon tunggu...
Titafani Anggraeni
Titafani Anggraeni Mohon Tunggu... Explorer

Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Universitas Brawijaya

Selanjutnya

Tutup

Travel

Wisata Unik yang Hanya Ada di Indonesia, Wajib Anda Kunjungi!

15 Februari 2020   10:55 Diperbarui: 15 Februari 2020   10:58 13 3 0 Mohon Tunggu...

 Sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, jika Indonesia menyimpan sejuta pesona indah di setiap wilayahnya. Indonesia juga memiliki banyak wisata unik yang anda hanya dapat menemuinya di Indonesia.  Berikut beberapa destinasti wisata unik yang hanya ada di Indonesia.

Danau Kakaban

Danau yang berada di Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur ini memiliki keunikan yang indah. Danau air tawar yang menjadi habitat dari ubur-ubur tidak beracun ini merupakan satu-satunya di dunia. Karena tidak beracun, anda bisa berenang dan snorkeling diantara kerumunan ubur-ubur yang cantik dan tentunya tak perlu khawatir terkena sengatannya yang beracun.

 Tanjung Puting

Destinasi wisata yang merupakan taman nasional penangkaran orangutan ini merupakan satu-satunya yang ada di dunia. Sekitar 30.000 -- 40.000 orangutan diperkirakan tersebar di taman nasional yang terletak di semenanjung Barat Daya Provinsi Kalimantan Tengah ini. Taman Nasional Tanjung Puting ini dapat menjadi salah satu alternatif destinasi wisata untuk anda. Sama seperti dengan destinasi wisata yang berbasis taman nasional lainnya,  

Makam Trunyan

Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan destinasi wisata yang satu ini. Berlokasi di Desa Trunyam, Kintamani, Bali, destinasi wisata yang berupa areal datar dibawah tebing bukit ini adalah sebuah tempat pemakaman yang unik. Kenapa unik? Yap, karena di pemakaman Trunyan ini, jenazah hanya diletakkan di atas tanah di bawah Pohon Menyan tanpa dikubur. 

Untuk melindungi jenazah tersebut, disekelilingnya dipagari dengan ancak saji (anyaman bambu) agar tidak diganggu oleh hewan-hewan liar. Kemudian, hal yang membuat unik adalah jenazah-jenazah tersebut tidak mengeluarkan bau busuk sama sekali. Keunikan inilah yang hanya dimiliki oleh makam Trunyan dan patut untuk anda kunjungi.

 Danau Kelimutu

Danau yang terkenal dengan tiga warna berbeda ini terletak di kawah Gunung Kelimutu. Warna pada danau ini berubah-ubah, terkadang berwarna hitam, hijau dan juga biru. Masyarakat sekitar menganggap berubahnya warna air danau Kelimutu ini mengandung makna masing-masing. Warna biru dan hijau melambangkan kebaikan serta warna hitam yang melambangkan keburukan. Terlepas dari mitos masyarakat sekitar, menurut para ilmuwan, berubahnya warna pada danau ini disebabkan proses geokimia di dasar danau.

Ke-empat destinasi wisata tersebut adalah destinasi wisata yang unik dan hanya ada di Indonesia. Bagaimana? Sudah terpikirkan untuk berlibur kesana?

VIDEO PILIHAN