Mohon tunggu...
Tipung Muljoko
Tipung Muljoko Mohon Tunggu... Menebar keberkahan

Seorang kepala keluarga, seorang karyawan, seorang sahabat yg pingin belajar dan berbuat kebaikan

Selanjutnya

Tutup

Karir

Pengelolaan Karyawan dari Masa ke Masa

26 Maret 2021   10:28 Diperbarui: 26 Maret 2021   10:43 56 2 0 Mohon Tunggu...

Pengelolaan karyawan di sebuah perusahaan atau organisasi memiliki peranan penting dalam mendukung kesuksesan perusahaan atau organisasi tersebut.

Dalam dunia industri, pengelolaan karyawan memiliki beberapa fase dan masing masing fase memiliki karakteristiknya masing masing.

Dalam tulisan ini, akan coba diuraikan secara ringkas dan sederhana terkait fase-fase pengelolaan karyawan dimaksud sampai dengan fase atau era yang popular saat ini sesuai pengalaman dan pemahaman saya menggeluti bidang SDM.

Human as Personel

Fase ini terjadi sampai dengan sekitar tahun 1980 an. Pada masa ini, bagian yang mengelola karyawan dikenal sebagai unit PERSONALIA. Inti dari pendekatan yang digunakan pada masa ini adalah tentang adminitrasi karyawan, kedisiplinan karyawan, kepatuhan karyawan terhadap aturan dan hal-hal sejenis itu. Unit Personalia, lebih banyak diisi oleh mereka yang memiliki latar belakang pendidikan Hukum. Model rekrutmen dan wawancara pada fase ini juga lebih banyak menitikberatkan pada penggalian tentang kesetiaan, kesanggupan mentaati aturan, loyalitas dan sejenisnya. Dalam fase ini peranan karyawan belum terlihat optimal dan lebih banyak diposisikan seperti alat kerja.

Human as Resource

Fase ini terjadi mulai awal tahun 1990 an sampai dengan tahun 2000 an. Pada masa ini posisi karyawan sudah mulai mendapatkan porsi yang lebih dalam perusahaan. Sudah tidak lagi dipandang sebagai alat kerja, tapi sudah diakui sebagai sumber daya yang perlu dioptimalkan peranannya. Bagian yang mengelola pada masa ini dikenal sebagai unit HRD. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan sebagai manusia dengan segala keunikan yang melekat pada dirinya. Model rekrutmen dan wawancara pada ini sudah diarahkan pada penggalian potensi calon karyawan dan disesuaikan dengan tuntutan pekerjaan atau kebutuhan perusahaan. Unit HRD pada masa ini banyak dipercayakan kepada mereka yang memiliki latar belakang pendidikan Psikologi. Penggunaan alat alat tes psikologi juga sudah semakin marak digunakan baik dalam proses rekrutmen maupun proses pengembangan diri atau pelatihan. Karyawan dioptimalkan potensi dan berupaya dikurangi kelemahan yang ada pada dirinya sehingga benar benar bisa menjadi sumber daya yang memberikan kontribusi optimal buat perusahaan.

Human as Capital

Fase ini terjadi mulai tahun 2000 an sampai dengan sekitar tahun 2010 an. Pada masa ini karyawan sudah dianggap asset oleh perusahaan yang memiliki nilai sampai dengan jangka waktu tertentu. Karena diposisikan sebagai asset perusahaan maka semua biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk mengembangkan karyawan dianggap sebagai investasi bagi masa depan perusahaan dan bukan lagi dianggap sebagai biaya yang membebani perusahaan serta mengurangi laba perusahaan. Bagian yang mengelola pada masa ini dikenal sebagai unit HC. Pendekatan yang digunakan adalah memetakan karyawan menjadi asset yang produktif atau asset tidak produktif dan menetapkan strategi strategi tertentu agar semua karyawan bisa menjadi asset yang produktif. Unit HC pada masa ini banyak dipercayakan kepada mereka yang memiliki latar belakang pendidikan Teknik Industri. Hal ini dilatarbelakangi pemikiran bahwa untuk mengoptimalkan asset yang berbentuk manusia ini perlu ada pendekatan yang holistic tidak hanya pada aspek manusianya saja namun juga lingkungan fisik sekitarnya seperti ruangan, kursi, pencahayaan, pewarnaan dinding dan sejenisnya.

Proses rekrutmen dan pengembangan pada masa ini dirasakan kurang apabila hanya menggunakan instrument instrument psikotes, sehingga muncul instrument yang lebih lengkap yaitu model Asesmen Center yaitu model pengukuran yang tidak hanya berfokus pada potensi namun juga sudah mulai memetakan aspek kompetensi.

Human as Strategic Partner

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x