Mohon tunggu...
Timothy Ethelbert
Timothy Ethelbert Mohon Tunggu... A Passionate Human Resource Specialist in Training, Development and Recruitment

* Born in Jakarta, 30 September 1994 * Certified Public Speaker (CPS) by OHR * Certified Trainer (CT) by OHR * Associate Trainer of Motivator Academy

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Cara Memastikan Keberhasilan Suatu Rencana

4 Februari 2017   16:41 Diperbarui: 4 Februari 2017   17:59 1350 0 0 Mohon Tunggu...

Saat anda dipercayakan atas suatu hal atau suatu projek tertentu, biasanya langkah pertama apa yang akan anda lakukan? Umumnya setiap kita pasti akan melakukan suatu perencanaan atau strategi yang disusun sebaik dan serapi mungkin.

Sebaik apapun rencana tersebut dan serapi apapun strategi yang sudah di susun, seringkali rencana tersebut tidak berjalan sesuai dengan harapan kita. Terkadang anda dan saya mulai merasa putus asa dan rasanya masalah tersebut seperti sebuah dinding yang tinggi sekali yang menjadi pemisah anda dan saya menuju ke kesuksesan.

Sebenarnya tembok pemisah yang membuat rasanya proses menuju kesuksesan rasanya sulit bukanlah masalah rencana melainkan masalah mental dan ketekunan setiap pribadi manusia. Masalah pasti selalu ada dalam kehidupan ini namun yang jadi pembeda antara orang sukses dengan orang yang belum sukses adalah bagaimana respon mereka dalam menghadapi permasalahan yang timbul dari gagalnya sebuah rencana. Mungkin ada yang membuat rencana langsung berhasil, ada yang membuat rencana baru setengah berhasil dan ada juga yang membuat rencana namun gagal saat di eksekusi. Ketiga hal ini menjadi bagian dalam kehidupan setiap anda dan saya. Bagaimana caranya agar setiap kita memiliki kepribadian yang siap dalam menjalankan setiap rencana?

  1. Terus mengembangkan wawasan apapun yang terjadi  -  Seringkali terjadi anda dan saya membuat rencana tentang suatu hal untuk 5-10 tahun ke depan namun dalam perjalanannya ternyata karena pembaharuan teknologi, gaya hidup dan lain-lain, akhirnya rencana yang tadinya dirasa bisa berjalan untuk 5-10 tahun menjadi kurang berhasil karena faktor eksternal tersebut. Oleh sebab itu jangan pernah berhenti untuk menambah wawasan dalam segala aspek pembaruan atas perencanaan yang anda buat.
  2. Modifikasi rencana  -  Jangan segan-segan untuk memodifikasi rencana anda. Seringkali  dalam berjalannya sebuah rencana diperlukan suatu modifikasi skala kecil yang berdampak besar untuk memastikan keberhasilan rencana tersebut. Jangan pernah menolak suatu masukan, kritik dan saran dari orang-orang yang lebih senior terkait memodifikasi rencana anda.
  3. Berpegang teguh pada prinsip  -  Dalam menyusun sebuah rencana pastilah ada sebuah dasar atau nilai fundamental yang tidak mungkin tergoyahkan. Seringkali hal ini disebut sebagai sebuah prinsip. Berpegang teguhlah pada prinsip tersebut agar anda dan saya dapat terus menjaga fokus atas perencanaan yang sedang dijalankan. Banyak orang-orang yang mampu membuat rencana hebat namun saat menjalankannya justru malah menyimpang ke kanan dan ke kiri sehingga orang tersebut tidak pernah menyelesaikan sebuah rencana yang ia buat sendiri.

Setiap anda dan saya pastimampu membuat sebuah rencana. Namun pada akhirnya rencana yang sukses adalah sebuah rencana yang sudah berhasil dilaksanakan dengan baik. Oleh sebab itu ayo kita bersama melakukan ketiga point di atas untuk menjamin keberhasilan rencana yang dibuat.

Terima Kasih

Salam Sukses

Timothy Ethelbert

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x