Mohon tunggu...
timeria zendrato
timeria zendrato Mohon Tunggu... mahasiswa

makan untuk hidup hidup untuk makan

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Cerita tentang Aku

29 September 2020   09:11 Diperbarui: 29 September 2020   09:20 10 1 0 Mohon Tunggu...

Aku adalah aku dan dia adalah dia, kata aku adalah 1 kata yang memiliki begitu banyak arti dan kemampuan dalam mendeskripsikan dirimu sebagai manusia. Tak bisa kita pungkiru setiap manusia memiliki kemampuan dan keahlian masing-masing dalam diri mereka begitu juga dengan kamu, dia dan tentunya Aku, kamu dan aku mungkin berada dalam satu universitas kamu dan aku mungkin juga berada dalam satu jurusan bahkan satu ruangan, memiliki dosen dan juga meja yang sama dibangku perkulihan. 

Tapi, itu tidak akan menjadi jaminan bahwa kau dan Aku memiliki pola pikir yang sama maupun memiliki IQ yang serupa. Yahh... memang benar Aku sering iri dengan orang-orang yang memiliki IQ yang tinggi bisa menyelesaikan semua tugas yang diberikan oleh dosen tanpa harus berpikir panjang, memiliki pengetahuan yang luas tentang jurusan yang sedang di pelajari dan mampu menyelesaikan segala pekerjaan rumah tanpa harus meminta bantuan kepada orang lain,  berbeda dengan Aku yang terkadang harus bertanya dan meminta bantuan kepada orang lain tentang tugas dan pelajaran yang kadang sulit  untuk Aku pahami.

Tapi, rasa iri itu tidak akan bertahan lama dalam diriku karna Aku mampu untuk membimbing dan mengarahkan diriku kearah yang baik, Aku dapat mengendalikan segala sesuatu yang menurut orang lain buruk, jika berbaur dengan hal buruk kau akan terbawa dengan hal buruk itu. 

Tetapi, Aku tidak pernah meresakan hal seperti itu kenapa Aku berkata demikian karna Aku adalah Aku ya.... Aku yang mampu mengendalikan pikiran dan perbuatanku sendiri yang bisa menjaga diriku dari hal-hal buruk yang mungkin orang lain jika terjun kedalamnya akan terpengaruh. Banyak orang berkata jika kau bergaul dengan orang pintar maka kau akan ikut menjadi pintar jika kau bergaul dengan seorang pemakai (Ganja,Sabu,peminum dll) maka kau akan sama seperti mereka istilah itu banyak menjadi pedoman bagi masyarakat. 

Memang hal itu tidak salah karna setiap orang memiliki pola pikir yang berbeda-beda begitu juga dengan Aku, jika kau berkata, jika kau bergaul dengan orang pintar maka kau akan menjadi pintar yah mungkin hal itu benar tapi jika kau berkata jika kau bergaul dengan pemakai  (Ganja,Sabu,peminum dll) maka kau akan menjadi seorang pemakai Aku berkata hal itu tidak benar sama sekali, Aku bergaul dengan semua orang tanpa harus memandang fisik,materi bahkan status mereka. 

Tapi kenyataan yang Aku masih baik-baik saja sampe sekarang Aku seorang mahasiswa yang memiliki teman yang pemakai, Aku seorang mahasiswa yang memiliki teman seorang preman, Aku seorang mahasiswa yang memiliki teman yang suka denga suami orang lain, dan Aku seorang mahasiswa yang berteman dengan seorang yang bekerja didunia malam tapi sampe sekarang Aku bisa katakan dari semua keburukan yang Aku sebutkan diatas satupun tidak ada yang menjadi hal buruk yang Aku rasaka dan hal itu tidak merusak kehidupanku.

Itulah kelebihan yang Aku miliki dan itulah alasan kenapa aku terkadang berpikir Aku cukup baik dari yang lain, karna tidak semua orang mampu dan bisa berpikir positif tentang perbuatan yang salah yang dilakukan orang lain, Aku selalu berpikir positif dan selalu mengajukan pemikiranku bahwa setiap perbuatan buruk yang mereka perbuat memiliki alasan kuat dibalik semua itu yang tidak harus diketahui semua orang. IQ dan memiliki ingatan yang bisa dikatakan buruk adalah kelemahanku sebagai seorang Mahasiswa. 

Tapi hal itu bukanlah yang terlalu buruk jika kau sama denganku, kenapa Aku mengatakan demikian karna dengan kau bergaul dengan semua orang dan kalangan maka kesempatan yang kau dapat cukup banyak, seperti kau bisa memiliki kesempatan untuk mengetahui apa penyebab dari seseorang memakai Ganja, kenapa seseorang menjadi seorang peminum dan lain sebagaiya, dengan kau bergaul dengan mereka maka kau akan memiliki kesempatan untuk kehidupanmu yang lebih baik dan tauh cara menyelesaikan masalah yang ada  kehidupanmu kedepanya. 

Dan orang-orang yang terkadang dianggap buruk oleh orang lain terkadang lebih memiliki moral dan etika yang lebih baik dibandingkan dengan mereka petinggi-petinggi yang duduk dikursi putar dan di gedung-gedung tinggi sebagai Pejabat. Dengan hal itu banyak pengalaman yang Aku dapat sehingga dapat memiliki pemikiran yang lebih terbuka dan luas.

Bicara tentang ancaman menjadi salah satu kalimat yang cukup menakutkan menurutku kenapa Aku berkata demikian karna seperti yang Aku bilang tadi diawal jika kau bergaul dengan orang pintar maka kau akan pintar jika kau bergaul dengan pemakai maka orang-orang akan menggapmu buruk juga, mungkin itulah ancaman yang akan didapatkan. 

Mungkin memang benar kau tidak menggunakanya tapi kita tidak akan bisa menutup pemikiran masyarakat yang memiliki pemikiran itu karna kita bergaul dengan orang-orang buruk dimata masyarakat. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
29 September 2020