Mohon tunggu...
Fransiska SaferiaMoi
Fransiska SaferiaMoi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi saya adalah membaca sebuah novel atau buku yang menjelaskan tentang sebuh misteri kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pentingnya Penampilan Fisik Gerobak,Lay Out Gerobak dan Logo UMKM dalam Menarik Minat Konsumen

29 Juni 2022   16:02 Diperbarui: 30 Juni 2022   13:33 260
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Surabaya-Kuliah Kerja Nyata Mandiri merupakan kegiatan KKN yang diselenggarakan di daerah domisili masing-masing mahasiswa atau suatu lokasi yang dipilih oleh mahasiswa baik secara individu maupun secara kelompok. padaa tahun 2022 Universitas 17 Agustus 1945 surabaya menjalankan KKN mandiri dengan memperhatikan protokol kesehatan. KKN mandiri bertujuan untuk membuat mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya peka terhadap masalah-masalah yang terjadi di domisili masing-masing. Salah satu mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 surabaya Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis bernama Fransiska Saferia Moi dengan dosen pendamping lapangan Pak Gustaf Naufan Febrianto,A.Md.,SE.,MM menemukan masalah yang terjadi dilingkungan tempat tinggal nya yaitu di Nginden Baru IV No 30,Rt 004 Rw 002,Kelurahan Nginden Jangkungan,Kecamatan Sukolilo,Surabaya yang berkaitan dengan UMKM. salah satu pemilik UMKM yaitu Pak Baharudin belum memahami tentang strategi-strategi penjualan yang dilihat dari hal terkecil seperti,penampilan gerobak,lay out serta logo.

UMKM merupakan singkatan dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah, yang merupakan salah satu model dalam kegiatan perdagangan, biasanya dilakukan oleh individu atau perorangan dengan badan usaha yang lingkupnya lebih kecil (lebih dikenal dengan istilah mikro). Pemerintah mengatur jenis atau klasifikasi serta definisi UMKM dalam UU nomor 20 tahun 2008. Menurut Peraturan Pemerintah nomor 7 tahun 2021, UMKM dikelompokkan berdasarkan kriteria modal usaha atau hasil penjualan tahunan yaitu Usaha Mikro dan usaha kecil. Usaha Mikro merupakan usaha produktif milik orang perorangan dan/atau badan usaha perorangan yang memenuhi kriteria Usaha Mikro sebagaimana diatur dalam UU nomor 20 tahun 2008 sedangkan Usaha Kecil merupakanusaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau bukan cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dari Usaha Menengah atau Usaha Besar yang memenuhi kriteria Usaha Kecil sesuai dengan UU nomor 20. Dalam meningkatkan penjualan perilu dilakukan nya strategi pemasaran. Strategi pemasaran adalah suatu proses yang menghantarkan organisasi pada peluang pasar yang besar untuk meningkatkan penjualan dan meraih keunggulan yang diharapkan,strategi pemasaran juga merupakan alat yang pentig agar perusahaan ampu memenangkan persaingan. dalam menetapkan strategi kita harus melihat terlebih dahulu masalah apa yang membuat usaha kita tidak maju. Hal yang sering disepelehkan oleh pemilik UMKM yaitu penampatan lay out yang kurang menarik serta pemanpilan fisik dari gerobak UMKM yang terlihat tidak higenis sehingga konsumen tidak tertarik untuk membeli priduk di UMKM tersebut. Selain dari masalah penampilan fisik dan lay out,packaging atau kemasan juga sebagai strategi dalam menarik minat konsumen.

                Berdasarkan masalah yang ditemukan,Fransiska selaku mahasiswa KKN Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya melakukan perombakan terhadap gerobak UMKM yang dimilki Pak Baharudin. Sebelum melakukan perombakan perilu diperhatikan bagian-bagian yang rusak serta memilih warna yang cocok karena warna yang mencolok pada gerobak memiliki fungsi penting sebagai aye cathing dimana mampu menarik perhatian konsumen dan mendorong minat konsumen untuk  membeli. Setelah dilakukan pemilihan warna dilakukanlah proses pengecatan yang dilakukan dengan secara hati-hati sehingga tidak terjadi pencampuran warna serta ketidakrataan dari cat tersebut.

                

whatsapp-image-2022-06-16-at-19-11-55-62bc11fdd69ab3119c391702.jpeg
whatsapp-image-2022-06-16-at-19-11-55-62bc11fdd69ab3119c391702.jpeg

                                                                                                                 Pengecatan gerobak

Setelah dilakukan perombakan gerobak,selanjutnya dilakukan perubahan lay out gerobak dengan mempehatikan hal-hal seperti barang-barang dikelompokan menurut jenis,setiap kelompok barang hendaknya diberi lokasi ruang (space) yang sesuai dengan banyak sedikitnya kelompok barang dan serta mudah dicari,dilihat dan diambil. Perubahan lay out ini dilakukan dengan tujuan memberikan keestetikan dari gerobak serta lebih tertata rapi sehingga membawa kesan yang baik terhadap konsumen

dokpri
dokpri

Tidak hanya itu  Fransiska juga memberikan sebuah karya desain berupa logo yang nantinya akan menajdi identitas dari usaha tersebut. Logo adalah bagian sentral dari branding bisnis apa pun, karena biasanya menjadi titik kontak pertama bagi sebagian besar calon konsumen. Karena itu, sangat penting untuk memastikan bahwa saat membuat logo, logo tersebut benar-benar mewakili merek  dan dapat terhubung dengan konsumen.   Oleh karena itu tampilan gerobak,lay out serta logo penting bagi sebuah UMKM karena dapat meningkatkan  minta konseumen yang nantinya akan perpengaruh terhadap jumlah volume penjualan yang menajdi penentu keberhasilan UMKM tersebut dilihat dari laba yang diperoleh

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun