Mohon tunggu...
tika habeahan
tika habeahan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Be do the best

MENJADI BERKAT BAGI SESAMA

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Begini Cara Kami Merayakan Quality Time di Masa Pandemi

24 September 2021   10:21 Diperbarui: 24 September 2021   10:27 122 15 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Begini Cara Kami Merayakan Quality Time di Masa Pandemi
pexels.com

Quality time adalah momen yang kami nanti-nanti setiap minggunya. Sebelum pendemi ada kebiasaan bahwa harisabtu adalah sabtu bersih. Sabtu bersih artinya tidak sekadar kebersihan rumah namun sekaligus juga membersihkan hati dan pikiran setelah satu minggu bergelut dengan dunia pekerjaan. Quality time yang kami lakukan selama ini yakni pergi ke tempat-tempat yang bisa mendatangkan energi baru. Kalau sekitaran medan - berastagi banyak tempat untuk qulity time seperti Holyland Berastagi,budaya resto di medan juga ada bukit kubu di berastagi dan masih banyak lagi.

Di masa pandemi, terlebih selama PPKM ini,Quality time kami pun berbeda drastis. Quality time tetap dilakukan namun diberi pilihan bisa dilakukan secara  bersama juga sendiri. Pastilah keadaan quality time yang diinginkan setiap orang berbeda-beda. Saya pikir kita semua juga senang melakukan moment ini yakni " Quality time".

Ada yang sungguh punya quality time karena tempat tinggalnya aman dan steril, tertutup untuk orang luar, memiliki biaya lebih dari cukup untuk bertahan hidup di rumah. Ada yang ingin aman bersama keluarga, namun tinggal di tengah lingkungan orang-orang yang tidak sadar dan hidup sembarangan. Ada yang tinggal di perantauan, mungkin bersama tetangga kamar yang sama-sama sadar, namun ada juga yang tetangganya belum sadar. Dalam semua situasi seperti inilah, kita ingin sungguh memperhatikan kesehatan kita atau keluarga kita.
 

Setelah menjalani masa pandemi kurang lebih dua tahun,sembari melihat kualitas quality time yang kami lakukan banyak hal sebenarnya yang bisa dilakukan. Idealnya quality time itu bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan,mengevaluasi program yang telah dilakukan,dan membuat rencana yang baru satu pekan ke depan. 

Dalam suatu pertemuan kecil kami menyadari bersama bahwa melakukan quality time seperti dulu sebelum pandemi sungguh tidak mungkin karena kota Medan terus zona merah dan level PPKMnya belum juga turun-turun. Maka kami sepakat untuk mengganti quality time kami dengan beberapa kegiatan berikut :

1. Masak Besar

Masak besar adalah salah satu istilah yang kami gunakan untuk merayakan kebersamaan. Setelah satu minggu kami berkecimpung dalam dunia pekerjaan maka kami menjadikan hari sabtu sebagai hari masak besar. Pada kesempatan ini kami akan memasak dan makan bersama. Kegiatan memasak yang kami lakukan pada saat itu tidak di dapur tempat memasak biasanya. Kami menggunakan teras bagian samping rumah untuk acara masak dan makan sambil menikmati musik. Suasana ini rasanya memberi energi positif dimana kami bisa melepaskan rasa penat dengan makan dan minum serta tertawa bersama.

2. Kerja sama membersihkan rumah

Selama ini kami diberi tanggung jawab untuk membersihkan rumah. Masing-masing dari kami sudah memiliki post entah itu khusus kamar makan,ruang tamu,kapel,dapur dan kamar cuci juga pekarangan rumah. Masing-masing diberi kepercayaan untuk mengurus post nya masing-masing. Demi quality time maka kami sepakat untuk melakukannya di hari yang sama yakni hari sabtu yang kami sebut sebagai sabtu bersih. Dan rasanya pekerjaaan semakin ringan dan cepat selesai. Bentuk kerjasama yang kami alami sungguh memberi semangat dan energi yang positif. Bekerja sambil berseloro sekaligus juga melakukan perbaikan-perbaikan selama kerja sama. Karena ada-ada saja hal tertentu kurang mendapatkan perhatian akibat kesibukan. Misalnya lupa melap jendela,barang-barang yang tergeletak kurang rapi.

3. Olahraga Bersama

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan