Mohon tunggu...
elitha
elitha Mohon Tunggu... Hi

Destroys what destroy u.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pentingnya Peranan Pendidikan pada Masa Pandemi Covid-19

21 Juni 2021   10:34 Diperbarui: 21 Juni 2021   13:49 67 2 1 Mohon Tunggu...

Pendidikan merupakan hal yang paling utama dan terpenting di berbagai negara agar dapat membuat suatu negara itu menjadi maju dan berkembang. Sistem pendidikan yang tepat maka akan membawa kemajuan bagi suatu negara dan begitupun sebaliknya disaat sistem pendidikan tidak tepat maka kemajuan negara di pertaruhkan. Hal tersebut bertujuan untuk menumbuhkan budi pekerti pada anak, moral dan juga pengajaran yang dapat menumbuh kembangkan pola pikir bagi peserta didik.

Pada saat ini, pendidikan merupakan topik yang sedang menjadi perbincangan hangat di berbagai negara termasuk di negara kita. Sejak mewabahnya pandemi Covid-19 di hampir seluruh negara yang ada di dunia, sekolah dan universitas di tutup.


Dengan kondisi seperti ini Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di perguruan tinggi merupakan kondisi dimana bagi pelajar ataupun masyarakat sangat menyadari bahwa yang dihadapi dan dilakukan saat ini juga dari pendidikan kewarganegaraan yang berdasarkan nilai-nilai pancasila.


Dan penyelenggaraan pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sebagai Pendikan Karakter Bangsa di Indonesia harus terus ditingkatkan. Karena Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sejatinya merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan mutu warga negara melalui pendidikan.


Pada pandemi covid-19 ini membuat perubahan yang signifikan pada dunia, tak hanya didalam bidang pendidikan saja, akan tetapi mencakup luas. Dampak dari perubahan ini, banyak perusahaan-perusahaan yang bangkrut, banyak pekerja di Pemutusan Hak Kerja.

Walaupun seperti itu pendidikan sangat penting bagi kita semua terutama untuk membangun karakter bangsa yang baik, bangsa yang berkarakter lahir karena para warga negaranya mempunyai kredibilitas dalam melakukan tindakan yang berbudi luhur sesuai apa yang ada dalam ajaran bernegara.

Saat ini, generasi muda yang memiliki karakter Pancasila dan mengamalkan nilai Pancasila dalam hidupnya tampaknya sudah mulai redup oleh perkembangan zaman. Jika dibiarkan hal ini dapat meruntuhkan keyakinan masyarakat bahwa bangsanya sudah tidak tangguh dan berkarakter. 

Oleh karena itu dengan pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan diharapkan mampu meningkatkan kesadaran generasi muda terhadap karakter bangsanya, menjadikan warga negara yang baik di negara asal dan terpandang di mata dunia.

VIDEO PILIHAN