Mohon tunggu...
Thurneysen Simanjuntak
Thurneysen Simanjuntak Mohon Tunggu... Guru - Nomine Kompasiana Awards 2022 (Kategori Best Teacher), Pendidik, Pegiat Literasi, serta Peraih 70++ Penghargaan Menulis.

www.thurneysensimanjuntak.com

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Manfaat Pertandingan Olahraga Guru dan Siswa

16 Desember 2023   16:17 Diperbarui: 16 Desember 2023   16:36 172
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pertandingan guru - siswa (Dokpri)

Sebelum mengakhiri kegiatan belajar mengajar (KBM) dan memasuki masa liburan semester ini, ada sebuah kesan menarik yang saya rasakan sebagai guru, yakni melalui pertandingan antara guru dan siswa.

Setidaknya, ada dua jenis olahraga yang dipertandingkan saat itu, yakni bola voli dan bola basket.

Pertandingan itu sendiri, dilaksanakan saat berlangsungnya kegiatan classmeeting di sekolah tempat saya mengajar, 11-14 Desember 2023 lalu.

Lazimnya, pertandingan guru dan siswa di tempat saya mengajar, menjadi sebuah ajang yang menarik perhatian untuk disaksikan. Baik itu oleh para guru maupun siswa.

Tidak jarang terdengar tepukan dan sorakan luar biasa dari para siswa sebagai bentuk dukungan kepada gurunya, yang selama ini lebih banyak berkutat dengan pelajaran dan kegiatan formal di kelas.

Saya sendiri yang ikut bertanding bola voli saat itu, bahkan dapat apresiasi dari beberapa siswa, "Keren mainnya Pak!"

Padahal saya sendiri merasa permainan saya tidak begitu baik, apalagi sudah sangat lama bermain voli dan jarang pula berolahraga.

Nah, terlepas dari hal yang sudah saya sampaikan di atas, setidaknya ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan tentang pertandingan antara guru dan siswa tersebut.

Sebenarnya apa arti penting pertandingan antara guru dan siswa tersebut?

Pertama. Pertandingan antara guru dan siswa itu, ternyata dapat menciptakan kebersamaan dan kesempatan untuk mempererat hubungan antara guru dan siswa di luar kelas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun