Mohon tunggu...
Thurneysen Simanjuntak
Thurneysen Simanjuntak Mohon Tunggu... Guru - Pendidik, pegiat literasi, serta telah meraih lebih dari 70 penghargaan lomba menulis

www.thurneysensimanjuntak.com

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Pentingkah Seorang Pelajar Mempelajari Politik?

15 November 2022   18:57 Diperbarui: 15 November 2022   19:01 150
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ramlan Surbakti pernah menyampaikan bahwa politik merupakan suatu interaksi antara pemerintahan dengan masyarakatnya. 

Hal itu bertujuan untuk pembuatan dan pelaksanaan keputusan yang bersifat mengikat terkait dengan kebaikan masyarakat dalam suatu wilayah tertentu.

Karena hal itu adalah merupakan interaksi antara pemerintah dengan masyarakatnya, membicarakan politik atau mendalami politik bagi seorang pelajar tentu bukan sesuatu yang tabu.

Bahkan tidak ada kata terlalu dini untuk belajar politik bagi seorang pelajar.

Dengan belajar politik, maka seorang pelajar akan berupaya memahami dan memaknai tentang interaksi antara pemerintah dengan masyarakatnya, atau sebaliknya interaksi masyarakat dengan pemerintahnya, yang notabene bahwa pelajar tersebut adalah bagian dari masyarakat.

Bagi seorang pelajar, belajar politik itu begitu penting karena mereka adalah generasi penerus bangsa. Merekalah nantinya yang akan melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan dalam pemerintahan atau dalam masyarakat.

Atau, nantinya mereka juga akan turut terlibat secara langsung dalam penentuan figur yang dipercaya sebagai bagian dari supra struktur politik (seperti legislatif, eksekutif atau yang lainnya).

Bahkan di antara mereka kelak, akan ada yang langsung terlibat dalam bagian infrastruktur politik yang ada di negeri ini, seperti partai politik, tokoh politik, kelompok kepentingan, kelompok penekan, serta media.

Memahami hakikat suprastruktur politik dan infrastruktur politik, tentu akan membantu pemahaman mereka tentang lembaga pemerintahan, perannya terhadap masyarakat dan bangsa, dan proses terbentuknya.

Membantu pemahaman tentang proses pembuatan dan pelaksanaan keputusan yang bersifat mengikat terkait dengan kebaikan masyarakat dalam suatu wilayah tertentu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun