Mohon tunggu...
Thurneysen Simanjuntak
Thurneysen Simanjuntak Mohon Tunggu... Guru - Pendidik, pegiat literasi, serta telah meraih lebih dari 70 penghargaan lomba menulis

www.thurneysensimanjuntak.com

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

SNBT 2023: Relevansi Menulis dengan Masuk PTN

3 November 2022   05:16 Diperbarui: 3 November 2022   05:26 384
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagi pejuang dan pemerhati seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN), tentunya sudah tahu tentang perubahan-perubahan yang terjadi berkaitan dengan seleksi masuk PTN.

September 2022 lalu, pihak Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah mengumumkan tentang Transformasi Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tersebut.

Beberapa perubahan yang dimaksud yakni berkaitan dengan masuk PTN melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP), yang dulu dikenal dengan sebutan SNMPTN. Begitu juga pada jalur Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT), yang dulu dikenal dengan sebutan SBMPTN.

Atau lebih rincinya, bahwa pada SNBP nantinya ada pemeringkatan berdasarkan minimal 50%  rata-rata nilai rapor seluruh mata pelajaran. Kemudian maksimal 50% komponen penggali minat bakat, baik itu melalui nilai rapor maksimal 2 mata pelajaran pendukung program studi dan/atau prestasi dan/atau portofolio untuk program studi seni dan olahraga.

Nah, kira-kira apa relevansi seleksi nasional berbasis prestasi dengan menulis?

Bagi yang senang menulis, baik itu yang berbentuk karya ilmiah atau tidak, silakan mulai mengikuti berbagai kompetisi menulis dari sekarang.

Bagi kelas 10 dan 11 SMA atau sederajat, tentunya kesempatannya masih lebih banyak dibandingkan kelas 12 SMA atau sederajat.

Sekali lagi, alasannya sangat jelas, sebab kita tahu bahwa pada salah satu bagian penilaian SNBP tersebut, ada tertera kata "prestasi".

Oleh karena itu, para pejuang PTN, dari sejak sekarang silakan perbanyak prestasi. Salah satunya bisa dengan cara mengikuti lomba menulis.

Saran saya, rajin-rajinlah mencari informasi tentang lomba menulis, tapi jangan hanya rajin mencari informasi lomba menulis iya! Hal terpenting, ikuti lomba menulis tersebut. Dan, kumpulkanlah prestasi semaksimal mungkin. Semoga bisa menjadi pemenang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun