Mohon tunggu...
Thurneysen Simanjuntak
Thurneysen Simanjuntak Mohon Tunggu... Senang mengajar dan menulis

Penerima Penghargaan Lomba Karya Jurnalistik Kementerian Perindustrian - Rebranding Tanggulangin (2018); Lomba Essay dalam Rangka Kegiatan Komunikasi Informasi dan Publikasi Anggaran 2019 - Museum Olahraga Nasional - Kemenpora (2019); Blog Competition Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan - Bank Indonesia & Kompasiana (2019). (thurprosmart@gmail.com)

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Bersama AXA dari Praxis Menuju Praktis

20 Juli 2017   11:55 Diperbarui: 20 Juli 2017   21:44 307 1 2 Mohon Tunggu...
Bersama AXA dari Praxis Menuju Praktis
Herman Sensei, perencana keuangan dengan antusias memaparkan presentasi. (Dokpri)

Tidak ada yang dapat menyangkal bahwa hidup yang lebih baik adalah kehidupan yang direncanakan. Pepatah orang bijak pun berkata, "Gagal merencanakan, sama artinya sedang merencanakan gagal".

Gagal merencanakan, Merencanakan gagal

Pertanyaannya, sudahkah saya dan Anda menjadi orang yang benar-benar merencanakan kehidupan? Masing-masing kita cukup menjawab pertanyaan tersebut dalam hati. Dan alangkah lebih baik jika menjadikannya sebagai bahan refleksi dan perenungan bagi kita masing-masing.

Tapi jika harus tetap menjawabnya, sejujurnya adakalanya saya tidak bisa merencanakan sesuatu dengan baik. Untuk itulah saya harus tetap berlatih merencanakan dan mewujudkannya. Serta tidak bosan-bosannya belajar dari para praktisi yang ahli dan sukses di bidang perencanaan.

Berlatih dan belajarlah dari praktisi yang ahli dan sukses di bidang perencanaan

Saya bersyukur, bahwa beberapa waktu lalu (Kamis, 13/7/) berkesempatan mengikuti acara nangkring AXA-Kompasiana di Hotel JS Lawunsa, Jl.H.R.Rasuna Said. Dalam acara tersebut, saya bisa belajar banyak hal tentang cara merencanakan dan mengelola keuangan.

Menariknya, acara tersebut diawali dengan sebuah permainan yakni Praxis. Praxis merupakan permainan seru dan sederhana yang di dalamnya terdapat simulasi tentang keuangan.

Peserta begitu asik memainkan Praxis. (Dokpri)
Peserta begitu asik memainkan Praxis. (Dokpri)
Permainan tersebut sangat menggambarkan tentang kehidupan sesungguhnya, sejak kita mulai bekerja hingga masa pensiun. Dalam kurun waktu tersebut, melalui permainan ini ada banyak hal yang bisa kita rasakan dan alami. Seperti perubahan, kesempatan, keberuntungan, kerugian, volatilitas, dan masih banyak lagi.

Tentu dalam berbagai situasi yang kita hadapi dalam permainan tersebut, kita bisa belajar tentang cara mengambil keputusan genting dalam situasi tertentu, mengambil keputusan dan pilihan yang tepat, merencakan masa depan layaknya sebuah kehidupan.

Dari permainan kita harus belajar cara mengambil keputusan dan merencanakan

Hingga diakhir permainan tersebut, kita sebenarnya diharapkan akan mampu menjawab sebuah pertanyaan besarnya, "Apakah Anda bisa mengelola keuangan untuk hidup yang nyaman di akhir permainan Praxis?"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x