Mohon tunggu...
T.H. Salengke
T.H. Salengke Mohon Tunggu... Petani - Pecinta aksara

Ora et Labora

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Pengalaman Menakjubkan tentang Kurma

4 Mei 2022   22:08 Diperbarui: 7 Mei 2022   12:32 437 12 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dok. News.detik.com dari iStock


KURMA, identik dengan buah jazirah Arab. Bahkan kurma yang diberi nama "ajwa", disebut sebagai kurma nabi. Sebutan demimikian tentu memiliki latar belakang sejarah tersendiri. Kurma ajwa sangat digemari oleh nabi Muhammad s.a.w dan selalu dimakan saat berbuka puasa.

Secara umum, buah sejenis pohon palem (phonex dactylifer) itu, memiliki khasiat yang tinggi. Tak heran kalau nabi menganjurkan orang yang berpuasa agar berbuka dengan kurma, karena kaya akan nutrisi. Kandungannya terdiri dari protein, vitamin A can C, serat gula, kalsium, sodium, potasium, serta mineral berupa zat besi. Adapun kandungan protein di dalamnya adalah sekitar 1.8- 2.0%, gula sebanyak 50-70%, dan serat sekitar 2.0-4.0%.
***
Ramadhan telah berlalu pergi, namun saya ingin menceritakan penglaman suatu waktu yang telah berlalu lama. Laya melakukan perjalanan selama berhari-hari--siang malam--di bulan puasa. Bukan tidak mungkin untuk mencari makanan buat sahur atau berbuka, tetapi sengaja ingin membuktikan khasiat buah kurma bagi orang yang menjalani ibadah puasa.

Selama perjalanan, siang berganti malam, saya bersahur dan berbuka puasa hanya dengan buah kurma dan sebotol air mineral. Alhamdulillah senantiasa segar dan kuat menahan lapar di siang hari. Sepanjang hari perjalanan, saya tidak merasa lapar, hanya dahaga yang sedikit sulit diatasi. Tenggorokan dan bibir terasa kering. Syukur tidak terlalu dehidrasi.

Saban hari, setelah matahari terbenam dan terdengar azan magrib, saya masih dalam perjalanan. Kondisinya tidak bisa mencari makanan dan tentunya harus berbuka puasa dengan kurma lagi. Saya pun berbuka dengan lima butir kurma. Setelah meneguk air mineral, perut terasa kenyang dan tidak ingin mencari makanan lain. Sesekali ketika agak malam, saya memakan roti yang saya beli saat berjumpa toko roti.

Ini pengalaman pertama saya sahur dan berbuka selama beberapa hari hanya dengan kurma dan sebotol air mineral, tanpa makanan lain sedikit pun. Khasiat kurma sangat membantu saya dalam berpuasa selama melakukan perjalanan berhari-hari siang dan malam.[]
Semoga bermanfaat.
KL: 04052022

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Lihat Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan