Mohon tunggu...
T.H. Salengke
T.H. Salengke Mohon Tunggu... Petani - Pecinta aksara

Ora et Labora

Selanjutnya

Tutup

Green Pilihan

Hari Bumi untuk Meningkatkan Kesadaran dan Empati

22 April 2022   21:38 Diperbarui: 22 April 2022   21:58 105 9 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

HARI BUMI merupakan kampanye atau ajakan yang maha penting bagi manusia dalam rangka pelestarian lingkungan dan keselamatan mahluk hidup yang semuanya bergantung pada keselamatan planet bumi yang kita tempati ini. Yang harus kita sadari adalah bahwa masa depan anak cucu kita sangat bergantung pada situasi bumi ini.

Kita akui bahwa terdapat sederet masalah terkait pelestarian lingkungan yang semakin memperihatinkan, sehingga menyebabkan pemanasan global yang tentunya mengancam kehidupan manusia dan mahluk lain di muka bumi. Oleh karena itu, satu-satunya cara adalah meningkatkan kesadaran dan empati manusia untuk lebih disiplin memperhatikan kemaslahatan bumi demi keselamatan bersama.

Kesadaran tentang pelestarian lingkungan harus menjadi materi dasar bagi anak sekolah, bahkan jika perlu dari jenjang TK sudah menyentuh hal-hal pembentukan karakter cinta lingkungan. Hal ini sangat penting, karena fakta di lapangan kita cenderung acuh dengan pelestarian lingkungan.

Intinya yang paling sederhana kita masih suka acuh membuang sampah sembarangan dan mendukung pencemaran lingkungan melalui perilaku kita sehari-hari yang tidak kita sadari. Contoh suka menumpuk pakaian, membuang-buang kertas, dan lain sebagainya yang tentu mempengaruhi kuantitas penebangan pohon di hutan.

Demikian juga kita sering acuh dengan pemakaian air yang berlebihan, pemakaian listrik, dan juga kendaraan bermotor. Semua itu jelas akan mempengaruhi kelestarian lingkungan dan kondisi bumi yang kita tempati.

Mari semua kita tingkatkan kesadaran dan empati kita melakukan tindakan pelestarian lingkungan demi menyelamatkan bumi. Kalau tidak kita mulai dari diri kita, maka sulit sekali kita harapkan orang lain untuk berbuat.[]

Selamat Hari Bumi.

KL: 22042022 

Mohon tunggu...

Lihat Green Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan