Mohon tunggu...
T.H. Salengke
T.H. Salengke Mohon Tunggu... Tukang Ketik

Ora et Labora

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Menariknya Sisi "Tata Krama" Bahasa Inggris

21 Maret 2020   08:38 Diperbarui: 31 Maret 2020   01:43 140 18 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menariknya Sisi "Tata Krama" Bahasa Inggris
https://www.natterandramble.co.uk/

Bahasa Inggris ternyata memiliki keunikan tersendiri, ia berkaitan erat dengan tata krama atau sering kita dengar istilah bahasa halus dan kasar. Sama seperti halnya bahasa-bahasa lain di dunia, mengatur penggunaan kata yang sesuai situasi pemakaiannya, siapa dan kepada siapa sesorang berbicara. Dalam ilmu grammar atau kaidah tata bahasa Inggris disebut modals.

Modals merupakan salah satu bagian ragam bahasa Inggris yang memiliki banyak fungsi. Berikut bentuk modals dimaksud, sbb: will, would, can, could, shall, should, may, might, must dan ought to.

Pagi ini saya membaca tulisan menarik yang ditulis oleh Kompasianer Astri Rahayu. Dengan cara santai menjelaskan modals beserta contoh-contoh yang jelas untuk kemudian saya elaborasi kembali di sini.

Menurut Astri, diantara modals tersebut ada yang berfungsi sebagai penunjuk waktu, ungkapan saran, permintaan izin, dan lain sebagainya. Untuk ungkapan meminta izin, ada beberapa modals yang bisa digunakan, tergantung dengan siapa kita berbicara, seperti: 

Can I use this computer?

Could I use this computer?

May I use this computer?

Would you mind if I use this computer?

Ungkapan 'Can I use this computer?' umumnya akan kita ucapkan jika lawan berbicara usianya lebih muda dari kita, misalnya orang tua kepada anak atau guru kepada murid.

Sementara ungkapan 'Would you mind if I use this computer?' dipilih jika lawan berbicara usianya lebih tua atau posisinya lebih tinggi, misalnya pegawai kepada bosnya atau murid kepada gurunya.

Menggunakan 'May I use this computer?' adalah cara yang paling dianggap aman, karena sesuai digunakan untuk lawan berbicara yang usianya lebih muda dengan kita juga karena tetap sopan apabila kita gunakan saat berbicara dengan orang yang lebih tua atau posisi jabatannya lebih tinggi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x