Mohon tunggu...
Thoriq Azis
Thoriq Azis Mohon Tunggu... Lainnya - Thoriq Azis

Thoriq Azis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Berbagai Kendala Belajar di Rumah bagi ABK pada Pandemi Covid-19

10 Januari 2021   20:44 Diperbarui: 10 Januari 2021   20:47 398
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Jakarta, 10 Januari 2021

oleh, Thoriq Azis

PANDEMI Covid-19 yang saat sedang menimpa umat manusia membuat setiap negara menjadi terganggu dalam menjalani aktivitas. Salah satu yang terkena dampak dari pandemi ini yaitu sektor pendidikan yang dimana aktivitas pembelajaran dilakukan melalui online (daring) dengan semua aktivitas pendidikan dilakukan di rumah, termasuk diantaranya pendidikan inklusi di Indonesia.

Banyak dari kita masih sangat asing mendengar pendidikan inklusi, Menurut Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2009.

Pendidikan inklusi memiliki arti pendidikan yang diselenggarakan untuk memberikan pendidikan yang layak bagi anak-anak yang memiliki kelainan ataupun hambatan dengan tujuan agar mereka bisa memiliki potensi kecerdasan, bakat dan minat istimewa di dalam dirinya pada satu lingkungan pendidikan bersama-sama dengan peserta didik lainnya yang dimana pelaksanaan pendidikan inklusi di Indonesia menggunakan sistem layanan pendidikan yang mengikutsertakan Anak berkebutuhan khusus belajar bersama dengan anak sebayanya di sekolah regular.

Pada masa pandemi covid-19 ini, membuat setiap sekolah inklusi memaksa proses pembelajaran anak berkebutuhan khusus dilakukan dengan sistem daring atau online. 

Hal ini menjadi hambatan dan memiliki impact yang sangat luarbiasa bagi anak berkebutuhan khusus yang dimana semua aktivitas belajar dilakukan di rumah dengan sistem online (daring).

Pembelajaran online ini juga menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua dari ABK dan guru yang saling bekerjasama, demi memberikan layanan pendidikan yang layak dan setara dengan pendidikan yang dilakukan di sekolah sebelum masa pandemi ini.

Ada beberapa permasalahan yang terjadi ketika Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) harus mulai belajar di rumah karena pandemi COVID-19, perlu pengenalan baru pada anak terkait belajar di rumah.

Konsep yang sudah tertanam pada diri anak bahwa belajar harus dilakukan di sekolah membuat para orangtua kesulitan. Akibatnya, anak-anak sangat sulit untuk diajak belajar di rumah.

Masalah lainnya, suasana rumah dapat menjadi faktor yang mengganggu konsentrasi dan fokus anak.  Lebih jauh lagi, menurutnya, seringkali materi ajar tidak dikuasai oleh orangtua. Mereka tidak sanggup menghadapi anaknya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun