Mohon tunggu...
Thomas Aquinas Pramudya Wardhana
Thomas Aquinas Pramudya Wardhana Mohon Tunggu... -

Peace... Calm... for Gold and Glory.. ^_^

Selanjutnya

Tutup

Money

Entrepreneur Pemula Perlu Manajemen Usaha

7 Maret 2013   16:12 Diperbarui: 24 Juni 2015   17:09 566
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Jadilah ENTREPRENEUR...itu yang sekarang buanyak didengungkan oleh banyak pihak. Mulai dari pelajar, mahasiswa, guru, dosen, dll pun seakan tersihir dengan "mudahnya" menjadi seorang entrepreneur. Tinggal punya kata BERANI, IDE dan DOA semua beres, urusan modal finansial..bisa gadein motor, mobil, rumah, dll ^_^

Padahal tidak semudah itu untuk menjadi seorang entrepreneur. BERANI, IDE, DOA FINANSIAL memang penting, tetapi yang juga penting dan sering dilupakan adalah MANAJEMEN USAHA.

Tidak menutup mata dengan membeli "usaha jadi" bernama waralaba dengan pertimbangan sudah ada namanya, walau pun ada banyak juga waralaba yang tidak diurus dengan benar oleh sang pemilik waralaba (masa iya namanya waralaba tapi pegawainya ngerokok di ruang makan customer dan hanya menggunakan sendal jepit).

Manajemen Usaha dimaksudkan untuk memberikan guide line bagaimana usaha itu dijalankan dan ini amat sangat membantu untuk para entrepreneurs menjalankan usahanya.

Sebagai model Manajemen Usaha awal adalah:
1. Tentukan jenis usaha yang unik dan menarik serta mampu untuk dijual.
2. Prediksikan jenis usaha dengan sistem SWOT atau dalam bahasa Indonesianya Kekuatan, Kelemahan, Kesempatan, dan Ancaman.
3. Membuat standar operasi sederhana usaha untuk memberikan kemudahan menjalankan usaha.
4. Membuat timeline sederhana untuk pengembangan sumber daya (terlebih SDM, Bahan Baku, dan Keuangan).
5. Bersamaan dengan pembuatan timeline pengembangan sumber daya, timeline perluasan/pengembangan usaha perlu dibuat sehingga lebih mempermudah menjalankan usaha.

Contohnya:
1. Sandal jepit gambar Doraemon dengan rentang harga Rp.10.000 - Rp.15.000 dengan sasaran anak usia 4tahun-8tahun.

2. - Kekuatan: anak kecil suka,  tokoh kartun yang sudah dikenal, harga murah.
- Kelemahan: hak cipta dimiliki Fujio F
- Kesempatan: banyak marketnya
- Ancaman: Ada pengikut modal besar dan somasi dari pihak pemilik hak cipta

3. SOP Pembuatan Sandal:
a. bahan A diletakkan di bawah pola dan digambar menurut pola.
b. setelah pola terbentuk, dipotong dengan cutter.
c. dst
SOP Quality Control:
a. Cek lem pada bagian tengah sandal, apabila daya rekat bagus lanjutkan ke (b)
b. Cek sablon gambar, apabila ada gambar yang jelek dikembalikan ke bagian produksi, apabila bagus lanjutkan ke bagian packing.

4+5. a. Bulan 1:
Pengeluaran 1jt
Pemasukan 1,2jt
Market: - titip di penjual asongan aksesoris di 5 SD sekitar tempat produksi.
- jual melalui media FB dan Twitter
b. Bulan 2:
Pengeluaran 1,5jt
Pemasukan 1,7jt
Market: -lanjutkan market bulan 1
-jual di Car Free Day
c. dst

Jadi, BERANI+IDE+FINANSIAL+DOA bisa ditambah lagi dengan Manajemen Usaha :)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun