Mohon tunggu...
Thomas Panji
Thomas Panji Mohon Tunggu... Mahasiswa

Berusaha dengan sebaik mungkin

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Artikel Utama

Berdemokrasi Bersama 4 Bumbu Nusantara yang Jarang Diketahui

24 Maret 2021   08:00 Diperbarui: 24 Maret 2021   13:51 328 22 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berdemokrasi Bersama 4 Bumbu Nusantara yang Jarang Diketahui
Bunga kecombrang yang masih menguncup.| Sumber: xp3rt5/iStockphoto via bobo.grid.id/

Daun micin adalah bukti, bahwa bumbu kuliner Nusantara sangat unik dan kaya ragamnya. 

Bukan masakan Indonesia namanya, kalau tidak menggunakan bumbu dapur yang sangat kompleks. Ya, sebagai orang Indonesia tentu lidah kita sudah sangat bersahabat dengan berbagai masakan daerah yang berbumbu kompleks. 

Penggunaan bumbu yang kompleks disetiap masakan Indonesia, tidak terlepas dari pengaruh rempah-rempah, sebagai salah satu produk asli Nusantara yang menjadi cikal bakal bagi revolusi cita rasa kuliner global (Gardjito, 2019).

Meski bumbu dan masakan Indonesia dipengaruhi oleh keberadaan serta penggunaan rempah-rempah yang kompleks, kita juga harus ingat, bahwa cita rasa masakan Indonesia yang kompleks bumbunya, tidak hanya datang dari rempah-rempah saja, namun juga dari bahan lainnya. 

Sebagai contoh, di beberapa daerah di Indonesia, kita dapat menemukan berbagai bahan penyusun bumbu khas di daerah tersebut, yang mungkin saja kita tidak bisa temukan bahan tersebut di daerah lain.

Di Sumatra Utara misalnya, tepatnya di Tanah Karo, kita dapat menemukan sebuah tanaman lada khas daerah Karo, yang sering disebut oleh masyarakat setempat sebagai andaliman. 

Kenampakan dari andaliman segar, lada khas dari tanah Batak | faseberita.id
Kenampakan dari andaliman segar, lada khas dari tanah Batak | faseberita.id

Lalu di Kalimantan misalnya. Kita dapat menemukan sebuah varietas bawang-bawangan (umbi lapis) yang sering disebut oleh masyarakat Dayak sebagai bawang bromot, atau bawang merah khas Kalimantan, dan masih ada begitu banyak bahan-bahan penyusun bumbu lainnya.

Bertolak dari kasus yang dijabarkan di atas, penulis rasa sepertinya menarik jika di artikel edisi kali ini kita akan membahas mengenai berbagai bumbu yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. 

Selama ini mungkin kita hanya mengenal bumbu masakan Padang, bumbu masakan Bali, bumbu masakan Jawa dan berbagai bumbu masak umum lainnya. Maka dari itu penulis tertarik untuk bercerita mengenai bumbu masakan daerah yang jarang diketahui.

Penulis akan menceritakan empat bumbu khas dari setiap daerah di Indonesia yang jarang diketahui atau mungkin jarang sekali dimasak sebagai hidangan yang disajikan di atas meja makan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN