Mohon tunggu...
thomas salim
thomas salim Mohon Tunggu... biasa aj

-

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Infografik Sistem Pemerintahan Arab Saudi

14 Oktober 2019   18:58 Diperbarui: 16 Oktober 2019   14:44 404 1 9 Mohon Tunggu...
Infografik Sistem Pemerintahan Arab Saudi
dok.istimewa

 

Arab saudi merupakan negara yang berada di kawasan asia barat dan merupakan salah satu negara penghasil dan pengekspor minyak terbesar di Dunia.

Secara geografis,  Arab Saudi terletak di antara 15LU -- 32LU dan antara 34BT -- 57BT dan berbatasan dengan Irak, Kuwait dan Yordania di sebelah Utaranya. Disebelah Selatan, Arab Saudi berbatasan dengan Republik Yaman dan Kesultanan Oman sedangkan di sebelah Timurnya adalah Uni Emirat Arab, Qatar, Bahrain dan Teluk Persia. Sebelah Barat Arab Saudia adalah Laut Merah. 

Arab Saudi merupakan negara berbentuk Monarki Absolut yaitu dimana raja berkuasa atas negaranya, dan juga memimpin sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan. Sistem pemerintahan yang digunakan adalah sistem negara islam berdasarkan Al-Qur'an dan Sunnah. 

Raja arab saudi yang ke 7 adalah Raja Salman bin Abdul-Aziz Al Saud yang menjabat selama raja masih sanggup menjalankan tahtanya untuk berkuasa. Untuk menjadi raja Arab saudi, Raja tersebut dipilih berdasarkan keturunan dan kemampuan untuk berkuasa atas negaranya.

Kedudukan eksekutif di Arab Saudi adalah raja dan Perdana Menteri yaitu Salman bin Abdul Aziz Al Saud (sejak 23 Januari 2013). Arab Saudi merupakan salah satu negara di dunia dimana raja memegang dua peranan utama yaitu sebagai ketua negara dan ketua pemerintah. 

Dewan Menteri-Menteri dilantik oleh raja dan kebanyakannya terdiri dari keluarga kerajaan. Namun pada Oktober 2003, Dewan ini telah mengumumkan niat mereka untuk mengadakan pemilihan umum untuk setengah dari anggota wakil pemerintah lokal dan provinsi dan sepertiga anggota Dewan al-Shura, dalam jangka waktu empat sampai lima tahun.

Kedudukan legislatif di Arab saudi disebut dengan Majelis Syuro. Sebelum 1993, anggotanya terdiri dari 60 orang berpengaruh dari berbagai latarbelakang sosial, politik dan keagamaan di Arab Saudi. Tetapi pada Agustus 1993, Raja Fahd telah mengstrukturisasi lembaga ini untuk menjadi lebih efisien. Kini dewan ini terdiri dari 90 orang anggota. 

Majelis Syuro menasihati Raja dan juga Menteri-Menteri tentang isu-isu terkait program-program dan kebijakan-kebijakan- pemerintah. Peranan utama majelis ini adalah untuk menilai, menafsir dan memperbaiki undang-undang pemerintah, undang-undang kecil, kontrak dan perjanjian antarabangsa.

Di Arab Saudi memiliki pengadilan tertinggi  yaitu Dewan Mahkamah Agung yang membicarakan hal-hal yang dirujuk oleh Raja. Ia juga merupakan makhamah banding tertinggi dan menimbang banding dan juga memeriksa kembali kasus-kasus yang melibatkan hukuman mati yang dijatuhkan oleh pengadilan-pengadilan rendah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x