Mohon tunggu...
Thian Hendrawan
Thian Hendrawan Mohon Tunggu... Guru - Guru Kelas SDN 1 Batukaras

Berbagi Informasi mudah mudahan bermanfaat

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Demonstrasi Kontekstual Modul 3.3

12 Maret 2023   20:53 Diperbarui: 12 Maret 2023   20:54 4262
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"Besok, di mana pun Anda berada, lakukan perubahan kecil di kelas Anda."

-Nadiem Makarim-

Dibuat oleh : Thian Hendrawan, S.Pd

CGP Angkatan 6 Kabupaten Pangandaran

Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP dapat mengembangkan ide dari ruang kolaborasi menjadi sebuah prakarsa perubahan dalam bentuk rencana program/kegiatan yang memanfaatkan model manajemen perubahan BAGJA.

1. Dasar Filosofi KHD

Pendidikan adalah tempat persemaian segala benih-benih kebudayaan yang hidup dalam masyarakat kebangsaan. Dengan maksud agar segala unsur peradaban dan kebudayaan tadi dapat tumbuh dengan sebaik-baiknya. Dan dapat kita teruskan kepada anak cucu kita yang akan datang.”

2. Poin Komponen Profil Pelajar Pancasila yang dikembangkan

  • Dimensi Beriman, bertaqwa Kepada Tuhan YME, diharapkan akan mampu berperilaku positif terhadap lingkungan alam yang merupakan perwujudan dari dimensi beriman, bertaqwa, dan berakhlak mulia
  • Bergotong royong, Pada kegiatan ini kerjasama, berkomunikasi, berdiskusi dengan berkontribusi individu terhadap kelompoknya perlu ditumbuhkan untuk mencapai impian bersama 
  • Bernalar kritis, Menumkembangkan murid mengungkapkan ide/gagasan terhadap program ini dilaksanakan, dimulai dari menyusun rencana, melaksanakan, sampai mengevaluasi program ini.
  • Mandiri, secara individu murid mampu mengelola diri dengan bertanggungjawab terhadap hasil kesepakatan kelompok
  • Kreatif, Kegiatan juga menumbuhkan kembangkan kemampuan murid dalam mencari solusi alternaif pemecahan masalah yang akan terjadi pada setiap langkah program kegiatan

3. Karakteristik Lingkungan pendukung tumbuhnya kepemimpinan murid yang dikembangkang

  • Lingkungan yang mengembangkan keterampilan berinterkasi social secara positif, arif dan bijaksana, dimana murid akan menjunjung tinggi nilai- nilai social positif yang berbasis pada nilai- nilai kebajikan yang dibangun oleh sekolah.
  • Lingkungan yang membuka wawasan murid agar dapat menentukan dan menindaklanjuti tujuan, harapan atau mimpi yang manfaat dan kebaikannya melampaui pemenuhan kepentingan individu, kelompok, maupun golongan. 

4. Prakarsa Perubahan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun