Mohon tunggu...
Edi Sabara
Edi Sabara Mohon Tunggu... Edi Sabara

The Village Society

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Kampung Wisata Bisnis Desa Tegalwaru

23 Juni 2016   12:08 Diperbarui: 23 Juni 2016   12:12 477 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kampung Wisata Bisnis Desa Tegalwaru
sumber foto : http://kampoengwisatabisnistegalwaru.blogspot.co.id

Kampung Wisata Bisnis , dari beberapa kata ini , yang bisa kita bayangkan tentunya sebuah semangat yang luar biasa yang dimiliki oleh masyarakat desa tegalwaru . Sebuah desa di kabupaten bogor namanya desa tegalwaru . kurang lebih 1 jam dari Jakarta perjalanan yang kami tempuh.

Karena penasaran seperti apa kampung wisata bisnis yang buat oleh masyarakat tegalwaru dan tentunya untuk kami bisa belajar seperti apa membangun  kampung wisata bisnis.

Sebuah konsep yang sangat sederhana dan kreatif membangun sebuah kawasan desa wisata tanpa harus berfikir rumit untuk mencari investor , hanya cukup dengan kebersamaan dan semangat untuk maju , warga desa tegalwaru mampu membuat desa mereka manjadi sebuah kampung wisata bisnis . Awalnya kenapa kami ingin berkunjung ke desa tegalwaru adalah untuk belajar bagaimana menanam dan mengolah tanaman herbal , sangat sederhana cukup dengan menanam bibit tanaman obat dengan beberapa jenis di lahan tidak perlu besar , setalah panen diolah dan di ekstrak hingga bisa menjadi obat-obatan herbal dalam bentuk serbuk atau cairan  , bahkan dibuat seperti teh . tentunya obat-obatan ini akan dijual dengan dikemas dengan menarik serta memilki izin dari dinas kesehatan . sangat menarik jika ide seperti ini bisa di kembangkan oleh warga desa , sehingga banyak lahan kosong yang bisa di manfaatkan dan menghasilkan sesuatu .

Desa Tegalwaru yang berada di kaki gunung salak bogor yang udaranya masih sangat bersih bebas polusi , membuat kita betah untuk tinggal beberapa hari disana. DI Kampung wisata bisnis tegalwaru (KWBT) ini ada beberapa sentra usaha yang bisa kita kunjungi dan bisa belajar untuk tau seperti apa konsep bisnis dan ide-ide kreatif yang dibuat oleh masyarakat desa. 

Sebuat saja industry kerajinan untuk membuat berbagai aksesoris , pengembangbiakan ikan patin , kebun herbal , pengolahan selai kelapa , pengolahan nata de coco ( sangat kaget ketika tahu bahwa sebuah merk minuman wong coco ternyata bahan nata de coco nya berasal dari desa tegalwaru ) yang terfikir oleh kami bagaimana jika satu hari nanti desa tegalwaru bisa mengolah nata de coco hingga menjadi produk minuman dengan merk sendiri ? tentunya akan luar biasa dan banyak warga desa yang bisa bekerja , selain itu ada juga pengolahan briket arang untuk bahan bakar rumah tangga , pengolahan kecap, cuka, saus dan pindang ikan  , peternakan sapi , domba dan kelinci , budidaya jamur tiram hingga pengolahan krupuk.

 Setiap minggunya desa tegalwaru di kunjungi oleh puluhan bahkan ratusan orang dari berbagai daerah untuk berwisata dan belajar . Ada beberapa program wisata edukasi yang bisa kita nikmati selama berada di desa tegalwaru; pelatihan wirauasaha , pelatihan aneka kreatiftas dan outbound.  Banyak hal keren yang ada di desa tegalwaru selain banyak objek yang bisa kita kunjungi , disana juga banyak pejuang-pejuang desa yang kreatif , sebut saja ibu rara , yang hari-harinya memberikan pelatihan bagi warga atau pengunjung yang ingin belajar tentang pengolahan tanaman obat , bahkan sering di undang ke berbagai daerah untuk memberikan pelatihan tentang tanaman obat.

Buat kalian yang butuh tempat dan hal-hal baru yang keren , bisa dating ke desa tegalwaru  untuk pengalaman bagaimana dengan hal yang sederhana bisa berbuat untuk desa Indonesia . (esa/psdi)

VIDEO PILIHAN