Mohon tunggu...
Theresia Desilva
Theresia Desilva Mohon Tunggu... -

-

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Hoaks, Berita Palsu?

16 Juli 2020   21:16 Diperbarui: 16 Juli 2020   21:04 9 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hoaks, Berita Palsu?
freepik

                 Di era digital sekarang ini banyak orang yang lebih memilih membaca berita melalui media online daripada media cetak. dengan menggunakan media online kita akan mendapatkan berita yang lebih update kan? Daripada media cetak yang harus kita tunggu selama satu hari.
                 Tapi sekarang sangat sering kita jumpai berita-berita yang menarik yang membuat kita langsung klik dan kita juga sering sekali membaca tidak sampai akhir dari beritanya hal ini yang memicu banyaknya mucul berita hoax

Sebenarnya apa sih Hoax? 

                Hoax adalah informasi palsu, berita bohong, atau fakta yang diplintir atau direkayasa untuk tujuan lelucon hingga serius.

tangkapan layar
tangkapan layar

                 Dari berita yang ada diatas saja sudah membuat kita ingin membaca beritanya karena judul yang Menarik. tetapi, sering juga kita langsung menyebarkan beritanya ke social media apalagi dengan judul-judul itu, yang bermaksud mengikuti trend yang ada ataupun untuk menyinggung beberapa oknum tanpa mencari informasi darimana berita tersebut.
                 Hal ini yang membuat banyaknya muncul berita palsu yang menyebabkan masalah seperti pencurigaan kepada kelompok tertentu, kesalahpahaman kepada orang lain dan penyebaran informasi yang berbeda-beda  yang memicu kepanikan di lingkungan sekitar kita  
Sebenarnya cukup mudah untuk kita menghindari berita hoax ataupun berita palsu seperti lebih sering membaca terlebih dahulu, mencari tahu sumber informasi, dan kita bisa lihat dari judul-judul yang aneh di berita tersebut.
                 Jika Anda menemukan berita hoax, untuk mencegah agar kabar tersebut tidak tersebar bisa melaporkan kabar hoax tersebut melalui sarana yang tersedia pada masing-masing media.
Untuk pengguna social media kita bisa kangsung mengklik report untuk berita tersebut dan social media akan menghapusnya jika itu sangat menganggu
                 Untuk google kita bisa menggunakan fitur feedback untuk melaporkan situs yang melaporkan berita palsu atau hoax
Dan untuk pengguna internet kita bisa mengadukan konten negative ke Kementrian Komunikasi dan informatika dengan layanan e-mail ke alamat aduankonten@mail.kominfo.go.id.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x