Mohon tunggu...
Theresia Iin Assenheimer
Theresia Iin Assenheimer Mohon Tunggu... Lainnya - Ibu dari dua putra

Belajar menulis

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Mainz Kota Tertua di Jerman dengan Banyak Gereja, Museum Gutenberg sampai Biontech

20 Januari 2022   05:43 Diperbarui: 23 Januari 2022   15:18 1413 53 13
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mainzer Dom. Foto: Gehard Weinand

Mainz kota indah di pinggir sungai Rhein. Dari Frankfurt sekitar 40 kilometer, merupakan ibu kota negara bagian Rheinland-Pfalz dan kota tertua ke dua di Jerman setelah Trier.

Bila mengendarai mobil dari arah Frankfurt dan keluar dari jalan tol No 66, dari kejauhan  tampak kota Mainz yang indah menawan. Berjajar gedung-gedung  tua berwarna kemerahan, karena di bangun dengan batu- batu merah. Dom Mainz, atau Ketedral, Gereja St. Peter,  Kurfrstliches Schloss,  gereja Christuskirche dan banyak gereja- gereja lagi, yang puncak dan menara gerejanya tampak begitu menawan  di hari yang cerah.

Apa bila mobil  meluncur  lebih dekat lagi dan di posisi di atas Jembatan Theodor Heuss-Bruecke, waow.....indah sekali, pengin rasanya segera turun dari mobil, untuk menikmati keindahan kota Mainz dari kejauhan. 

Untung tempat parkir tidak sulit di temukan dan tidak terlalu jauh dari Jembatan Theodor Heuss-Bruecke. 

Mainz Sejak Jaman Romawi

Sebelum masuk dan jalan- jalan menikmati kota Mainz, saya lebih suka  mulai dari atas Jembatan. Sebelum membuat foto, saya memandangi kota Mainz berlama- lama dari atas jembatan.
Angan melayang jauh ke jaman dulu dan decak kagum untuk keindahan bangunan - bangunan tua yang berusia lebih dari 1000 tahun itu.

Melihat sejarah berdirinya kota Mainz, ternyata kota indah nan cantik ini telah ada sejak 13 sebelum Masehi. Pendiri kota Mainz, Drusus adalah anak tiri dari Kaisar Agustus yang hidup di tahun sekitar tahun 27 sebelum Masehi. Saat itu bernama Mogontiacum, merupakan gudang senjata tantara Romawi yang kemudian menjadi kota penting perdagangan.

Roemerssteine- Batu Romawi

Peninggalan-peninggalan nyata dari jaman Romawi di Mainz yang masih bisa di lihat adalah Roemerssteine, yaitu saluran air , setinggi 35 meter.  Terletak di di sebelah selatan Statiun Kereta Pusat Mainz, kurang lebih 1,5 kilometer.

Roemische Theater

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan