Mohon tunggu...
Theresa Winona Wijaya
Theresa Winona Wijaya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Undergraduate Nutrition Student

19, Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Fenomena NFT Membuat Masyarakat Ikut Turun Terjun hingga Menjual Foto KTP

16 Januari 2022   17:11 Diperbarui: 16 Januari 2022   17:16 200 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kumpulan Foto KTP masyarakat di OpenSea (Source: Twitter/cryptofess)


NFT (Non-Fungible Token) merupakan unit data yang disimpan di blockchain dan dapat melacak transfer, kepemilikan, serta properti aset digital unik. NFT juga dapat diartikan sebagai sebuah teknologi kripto semacam sertifikat digital yang menyatakan pihak yang memiliki foto, video, atau bentuk virtual lainnya

Akhir -- akhir ini, masyarakat dihebohkan dengan fenomena NFT yang dibuat oleh pemuda bernama Ghozali karena berhasil mendapatkan keuntungan hingga Rp1,5 miliar dari penjualan NFT Ghozali Everyday. Foto selfie milik Ghozali yang diambilnya selama 5 tahun menjadi bisnis NFT yang menjanjikan.

Tidak ingin kalah, banyak masyarakat yang ikut terjun dalam mengunggah NFT. Salah satunya ialah seorang netizen yang diketahui nekat menjual foto selfie KTP-nya di OpenSea.

Pria tersebut mengunggah foto selfie dan foto KTP miliknya. Dua foto tersebut diberi harga 0.234 Ethereum atau sekitar Rp11 juta.

Ada juga akun lain yang menjual foto selfie KTP-nya. Semua foto-foto tersebut diberi nama Indonesian KTP dan dijual dengan harga 0,234 Ethereum.

Meskipun terkesan mudah dan menggiurkan, masyarakat tidak sadar bahwa  NFT yang telah diunggah akan selalu meninggalkan jejak digital. NFT yang merupakan token, tidak bisa diubah, dihapus, dan diganti.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Digital Selengkapnya
Lihat Digital Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan