Mohon tunggu...
Theodora Early Handiva
Theodora Early Handiva Mohon Tunggu... Mahasiswa

Saya suka fashion dan kuliner

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Fenomena Donat Viral "Cloud Cakes" dan Dampaknya terhadap UMKM Lokal

6 Oktober 2025   22:10 Diperbarui: 6 Oktober 2025   22:10 20
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Kalau kamu sering scrolling Tiktok atau Instagram baru-baru ini, pasti pernah lihat donat mochi lembut yang berwarna-warni dan terlihat seperti awan, Itu adalah donat viral "Cloud Cakes".Donat ini memiliki berbagai bentuk yang lucu, warna yang beragam, dan tampilannya yang memanjakan mata. Tidak heran kalau banyak orang yang rela antri panjang hanya untuk mencoba dan me-reviewnya di Media Sosial, Donat ini juga berhasil menjadi tren kuliner baru.

Dampak dari tren ini terasa pada UMKM Lokal, yang ikut terinspirasi untuk membuat produk serupa. Di satu sisi, hal ini menumbuhkan semangat kewirausahaan dan membangun kreativitas pelaku usaha. Dari sinilah tren ini jadi bukan hanya tentang donat manis, tapi juga pelajaran seru soal dunia entrepreneur masa kini.

Viralnya Cloud Cakes menunjukkan hal penting: kreativitas dan strategi di media sosial bisa mengubah ide sederhana menjadi cuan besar. Dengan tampilan unik dan branding produk yang pas, produk yang biasa menjadi luar biasa. Cloud Cakes tidak hanya menjual rasa, tapi juga sensasi makan sesuatu yang Aesthetically Pleasing.

Para pengusaha UMKM jadi sadar bahwa tidak perlu mempunyai toko besar untuk sukses. Dengan memahami tren sekarang, berani dalam berinovasi, dan aktif dalam promosi di Media Sosial. Dari sinilah banyak UMKM baru yang berani berinovasi menjual donat, kue, minuman, dan makanan-makanan lucu lainnya.

Namun di sisi lain tren ini bisa saja hanya sesaat. Begitu hype-nya turun, penjualan bisa ikut menurun. Banyak UMKM yang lupa bahwa kesuksesan bukan hanya dengan mengikuti tren, tapi juga harus punya ciri khas dan kualitas yang membuat pelanggan akan kembali lagi.

Dari fenomena ini kalian para calon entrepreneur memiliki beberapa hal yang bisa dipetik:

1. Jangan pernah takut untuk mencoba hal baru. Ide yang orang lain pikir sederhana dapat membawa anda ke kesuksesan bila dilakukan dengan baik.

2. Dengan maraknya penggunaan Media Sosial pada zaman sekarang, gunakanlah Media Sosial sebagai senjata utama kamu dalam menjangkau ribuan-hingga jutaan orang.

3. Tetap memiliki ciri khas. Jangan hanya ikut tren saja, tapi tambahkan sentuhan unik yang membuat produk kamu berbeda dari yang lain.

Karena pada akhirnya, yang menjadi kunci kesuksesan dalam berbisnis bukan hanya Viral atau Tren sekarang, tetapi nilai dan kreativitas yang akan terus ada sampai kapanpun.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun