Mohon tunggu...
Anjas Permata
Anjas Permata Mohon Tunggu... The Architect

Professional Executive, Hypnotist, Hypnotherapist, Blogger, Practitioner Mind Technology, Keynote Speaker, CEO 'Rumah Hipnoterapi' and Founder Hypnotic Self Empowerment (HSE)

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Faktor Penting untuk Meraih Kesuksesan

22 Februari 2021   01:14 Diperbarui: 28 Februari 2021   13:52 311 22 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Faktor Penting untuk Meraih Kesuksesan
ilustrasi pola pikir

Kamu tentu pernah mencapai sebuah prestasi atau sesuatu yang bisa dibanggakan. Misalnya lulus kuliah, diterima kerja dan sebagainya.

Pertanyaannya saat meraih kesuksesan apapun, kamu merasa itu semua karena memang kamu pintar dan berbakat ataukah kamu menganggap bahwa semua kesuksesan bisa diraih berkat latihan, kerja pantang menyerah dan usaha untuk terus berkembang?

Kalau kamu pilih yang pertama, maka biasanya kamu adalah tipe orang yang kurang berani mengambil risiko. Kamu percaya bahwa bakat itu sudah ada sejak lahir, jadi kalau bagus ya itu memang karena kamu punya bakat sedangkan kalau jelek ya sudah harus gimana lagi memang bakatnya segitu saja.

Ibarat kata kamu percaya bahwa yang namanya kemampuan itu ada batasannya.

Berbeda halnya dengan pilihan kedua, tipe orang seperti ini adalah mereka yang cenderung berani dalam melakukan eksplorasi. Berani untuk melakukan hal-hal baru dan percaya bahwa dengan melakukan sesuatu yang baru secara otomatis dia juga belajar.

***

Carol Dweck seorang Profesor psikologi dari Stanford University yang juga penulis buku The New Pshychology of Success memperkenalkan sebuah konsep untuk mendefinisikan kedua kondisi diatas. Mungkin sudah sering kamu dengar istilah Growth Mindset dan Fixed Mindset.

Yup... benar sekali mas bro... Growth Mindset dan Fixed Mindset adalah istilah populer yang menjelaskan bagaimana cara pandang atau cara berpikir seseorang terhadap kemampuan serta pencapaian-pencapaian dalam hidupnya.

Growth Mindset adalah pola pikir yang selalu berkembang dimana pemiliknya meyakini bahwa kesuksesan itu bisa didapatkan dari usaha pantang menyerah, proses belajar, ketekunan dan semangat bertumbuh.

ilustrasi Growth Mindset
ilustrasi Growth Mindset
HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x