Mohon tunggu...
Thamrin Dahlan
Thamrin Dahlan Mohon Tunggu... Saya seorang Purnawirawan Polri. Saat ini aktif memberikan kuliah. Profesi Jurnalis, Penulis produktif telah menerbitkan 24 buku. Organisasi ILUNI Pasca Sarjana Universitas Indonesia.

Mott Menulis Sharing, connecting on rainbow. Pena Sehat Pena Kawan Pena Saran

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Ini Dia Beda Semut dengan Serangga

13 Juni 2021   18:56 Diperbarui: 15 Juni 2021   06:02 94 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ini Dia Beda Semut dengan Serangga
serangga3-60c7dfff8ede4821466cf282.jpg

Ini Dia Beda Semut dengan Serangga

Catatan Thamrin Dahlan

Bisa jadi masih ada diantara kita belum paham apa beda semut dengan serangga.  Sama sama khewan kecil merayap  dibumi. Dahulu kala jenis binatang ini semuanya bernama sama yaitu semut.  Namun dengan berjalannya waktu, ada kelompok semut yang sangat agresif.  Mereka tidak mau sedikitpun diganggu.  Seandainya ada para pihak yang mengusik ketentraman,  mereka sangat reaktif.

Langsung membalas dengan cara menggigit.  Sejak zaman itulah semut reaktif ini di beri nama Serangga.  Bisa jadi  Raja Semut ketika iu memutuskan nama baru bagi komunitas ini berawal dengan kata kerja Serang.  Jadilah gerombolan semut penyerang disepakati diberi nama baru :  Serangga.  Artinya kelompok penyerang dalam himpunan keluarga.

Serangga merah agak eklusif agaknya.  Mahluk paling sempurna di muka bumi yang bernama Manusia pun paham akan keganasan semut rang rang ini.  Kenapa lagi di cap dengan nama rang rang.  Boleh jadi karena kelakuan si rang rang  suka mengerang ngerang tak mementu dan akhir kumat mengigit siapa saja yang ada di sekitarnya.  WalAupun anatomi serangga termasuk golongan makhluk mini dibanding khewan lainnya, keberadaan mereka jangan dianggap enteng.

Bahkan Nabi Sulaiman pun angkat topi kepada komunitas semut semut kecil. Alkisah Nabi nan  pandai berbahasa binatang ini sedang menjelajah bumi dengan pasukan berkuda.  Telinga nyaring Nabi Sulaiman mendengar keluhan semut di tengah perjalanan yang akan di lalui nabi terkaya di muka bumi.  Sulaiman tersenyum mendengar celotehan semut.  Beliau berhenti sejenak dan memberi komando kepada pasukan berkuda agar berhati hati menjejakkan kaki di bumi karena ada protes dari sang semut.

Kisah ini merupakan  cuplikan dari ayat Al Qur'an surat An-Naml ayat 18 yang artinya,

"Hingga apabila mereka sampai di lembah semut berkatalah seekor semut-semut, masuklah ke dalam sarang-sarangmu agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari."  (QS. An-Naml: 18).

Pesan moral Nabi Sulaiman kepada Para Penguasa  " jangan menginjak rakyat kecil"

Makna hakiki nan terkandung dari pesan semut kepada manusia adalah agar dikau makhluk jangan sombong karena  besar tubuhmu.  Jangan kamu takabur dengan sosok fisik sempurna nan gagah  dan jangan pula kalian berbangga diri dengan kehebatannmu.  Kami walaupun makhluk kecil jangan dianggap enteng.

Sifat kegotong royomgan semut nan turun menurun belum juga luntur seperti yang terjadi pada budaya manusia.  Terbukti dalam kisah kisah tradisonal khewani,  tersiar bahwa gajah situbuh tambun  bisa dikalahkan oleh semut. Malah  dengan sifat kerja sama super kompak bersatu semut mampu membawa bangkai gajah ratusan kilometer.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN