Mohon tunggu...
Tanza Erlambang
Tanza Erlambang Mohon Tunggu... -

# Ever stay in several countries, and stay overseas until currently. ## Published several books, some of them are: Hurricane Damage on Coastal Infrastructures (ISBN: 978-19732-66273) dan Prahara Rupiah (ISBN: 979-95481-1-X)

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Buku Pertama Diterbitkan Amazon, Badai Hurricane yang Menghancurkan!

10 November 2017   12:58 Diperbarui: 10 November 2017   13:04 1214 32 25
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Buku Pertama Diterbitkan Amazon, Badai Hurricane yang Menghancurkan!
Cover buku

          Bencana alam berupa gempa bumi, tanah longsong, gunung meletus, tsunami, badai dan kebakaran hutan dalam dekade terakhir telah menyebabkan kerugian eknomi yang luar biasa besarnya. Diperkirakan bencana alam menyebabkan kerugian sebesar US$1,5 triliun (Rp20 ribu triliun) dalam sepuluh tahun belakangan ini.

            Untuk Amerika Serikat, bencana yang disebabkan oleh yang berkaitan dengan angin (hurricane, tornado, badai dan storms) saja diestimasi lebih dari US$ 500 milyar (Rp 6 ribu triliun) dalam sepuluh tahun terakhir.

            Baik di negara berkembang, termasuk kita, Indonesia dan negara maju seperti Amerika Serikat adalah mengatasi atau mencari dana untuk penanggulangan bencana tersebut. Persoalan dimulai dengan bagaimana cara menghitung secara tepat kerugian yang ditimbulkan bencana alam.

            Kemudian dilanjutkan dengan bagaimana mencarinya? Seberapa besar APBN harus dikeluarkan untuk bencana. Tak lupa, dana penanggulangan bencana itu sendiri kemudian dikorupsi oleh oknum oknum yang tak bertanggung jawab.

            Di buku yang penulis beri judul ""Hurricane Damage on Coastal Infrastructures," sebenarnya merupakan hasil penelitian dan pengkajian tentang metode (model matematika) apa yang paling tepat untuk mengestimasi bencana alam, khususnya hurricane di suatu titik (lokasi). Kemudian bagaimana manajemen pengelolaan bencana harus dilakukan. Tentu saja dibahas juga bagaimana agar dana "recovery" tak dikorupsi.

Publikasi di Amazon

            Buku ini sengaja dipublikasi di "Amazon Kindle" dengan beberapa alasan. Pertama, gratis, tak bayar. Kedua marketingnya seluruh dunia dengan potensi calon pembeli milyaran jiwa. Dan terakhir adalah mendapatkan persentase "royalty" yang tinggi.

            Saya punya tiga rekening bank di tiga negara yang masih aktif, yaitu Amerika Serikat (Chase), Denmark (Den Danske Bank) dan Jepang (Fukuoka bank). Saya memilih memakai rekening bank Amerika Serikat.

            Memakai rekening bank Amerika, berarti "royalty" dalam dolar. Untuk buku edisi e-book (ASIN: B0779L4KZJ), didapat royalty sebesar 70% dari harga buku US$9.99 (Rp 130 ribu). Sedangkan buku yang edisi "paperback" dijual dengan harga US$17.99 (Rp 210 ribu), mendapatkan "royalty" sebesar 60%. Sangat tinggi jika dibandingkan dengan "royalty" hanya 15% di tanah air.

            Memakai rekening Amerika berarti juga pajak penghasilan yang rendah, sebesar 15% (tergantung besarnya penghasilan). Bandingkan pajak penghasilan yang minimal 50% di Denmark, dan Jepang bisa di atas 15%.

            Meskipun memakai rekening Amerika dan bayar pajak Amerika, tapi 8% dari 15% pajak Amerika tersebut untuk Indonesia. Ada perjanjian pajak antara Amerika dan Indonesia yang mewajibkan masing masing warga negara untuk berkewajiban membayar pajak negaranya dalam persentase tertentu.   

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gayahidup Selengkapnya
Lihat Gayahidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan