Mohon tunggu...
Teopilus Tarigan
Teopilus Tarigan Mohon Tunggu... Sekretaris - Pegawai Negeri Sipil

Pro Deo et Patria

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Menikmati Liburan Keluarga Berbaur dengan Warga Pulau Banyak (Bagian Kedua)

10 Mei 2022   17:09 Diperbarui: 25 Mei 2022   16:03 447 44 16
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Menikmati liburan keluarga berbaur dengan warga di Pulau Banyak (Dok. Pribadi)

 Ini adalah liputan perjalanan bagian kedua, di hari ketiga hingga hari terakhir (hari kelima) liburan keluarga besar vokal grup Elhineni di Pulau Banyak. Kisah tentang perjalanan di hari sebelumnya dapat dibaca di sini.

Hari Ketiga, Tradisi Idul Fitri dan Island Hopping ke Pulau Teluk Nibung

Tanggal 2 Mei 2022, adalah hari pertama lebaran Idul Fitri 1443 H. Sudah menjadi tradisi masyarakat di Pulau Banyak ini di mana setiap orang akan melakukan sungkeman ke rumah orang tuanya, termasuk juga ke rumah mertua bagi yang sudah berumah tangga, sebelum mereka melaksanakan sholat ied.

Seusai sholat ied, sudah menjadi tradisi juga di mana masyarakat akan saling berkunjung ke setiap rumah untuk bersilaturahmi dan saling bermaaf-maafan. Menghormati tradisi ini, maka nyaris tidak ada orang yang melaut pada saat lebaran hari pertama itu, kecuali mungkin untuk alasan yang mendesak.

Masjid Baitul Muhtadin di Pulau Baguk (Dok. Pribadi)
Masjid Baitul Muhtadin di Pulau Baguk (Dok. Pribadi)

Oleh sebab itu, perjalanan pada hari ini kami isi dengan bersantai di warung apung di sekitar jembatan Balaibung. Perjalanan selanjutnya ke pulau Teluk Nibung akan dilakukan seusai makan siang, atau sekitar pukul 15.00 WIB.

Jembatan Balaibung merupakan singkatan dari Pulau Balai dan Teluk Nibung. Jembatan ini memang menghubungkan kedua pulau tersebut.

Suasana alam di warung dan penginapan apung di sekitar jembatan Balaibung (Dok. Pribadi) 
Suasana alam di warung dan penginapan apung di sekitar jembatan Balaibung (Dok. Pribadi) 

Cuaca hujan gerimis pada siang itu. Angin pun berhembus lebih kencang dari pada hari kemarin. Kami memutuskan menunggu hingga cuaca membaik sebelum melanjutkan perjalanan ke Teluk Nibung.

Dari Pulau Balai ke Teluk Nibung bisa ditempuh dalam 30 menit perjalanan. Pulau ini berada di sebelah Utara Pulau Balai.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan