Mohon tunggu...
Teopilus Tarigan
Teopilus Tarigan Mohon Tunggu... Pegawai Negeri Sipil

https://www.youtube.com/channel/UC23hqkOw50KW12-6OHvnbQA

Selanjutnya

Tutup

Film Artikel Utama

"The Lady Improper", Pelajaran Penting tentang "Globesitas" Pikiran yang Membunuh Perasaan

15 Januari 2021   12:58 Diperbarui: 17 Januari 2021   17:30 985 40 9 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"The Lady Improper", Pelajaran Penting tentang "Globesitas" Pikiran yang Membunuh Perasaan
The Lady Improper (2019). | Sumber: Emperor Motion Pictures via www.rottentomatoes.com

Organisasi Kesehatan Dunia, World Health Organization (WHO), pernah membuat sebuah proyeksi bahwa 700 juta orang di seluruh dunia akan menjadi golongan obesitas pada tahun 2015. 

Pada tahun-tahun belakangan ini, pasca proyeksi itu, ramalan itu mungkin telah menjadi kenyataan atau bahkan melampauinya. Obesitas telah menjadi masalah global, dalam bahasa Ben Dupre, diistilahkan dengan "globesitas."

Namun, kali ini kita bukan membahas tentang masalah obesitas global dalam makna sebenarnya, yang tentu saja terkait dengan kegemukan tubuh fisik manusia. Melainkan terkait tentang kegemukan pikiran, bila pikiran bisa digambarkan sebagai sebuah bentuk tubuh manusia yang lain.

Tidakkah patut untuk merenungkan bahwa manusia pada zaman ini sudah semakin kegemukan (baca: kebanyakan) pikiran, sehingga oleh karenanya jenis kegemukan yang satu ini juga menjadi salah satu jenis ancaman utama kehidupan? 

Sama halnya, kalau dulu banyak orang mati kelaparan karena kekurangan makan, maka kini banyak penyakit yang berisiko tinggi menyebabkan kematian justru karena manusia yang kelebihan makan. Mengapa tidak hal yang sama terjadi akibat kebanyakan pikiran?

Semakin maju zaman, semakin bertambah kecemasan dan penderitaan. Kesaksian perasaan tentang hal ini pun sudah tercatat dalam Alkitab. Lihat misalnya pada kitab Pengkhotbah pasal 1 ayat 18. 

Di sana dikatakan "Karena di dalam banyak hikmat ada banyak susah hati, dan siapa memperbanyak pengetahuan, memperbanyak kesedihan." Mungkin di kitab-kitab lain juga ada nasihat dan peringatan yang sejajar dengan pengakuan perasaan ini.

Belajar Menyeimbangkan Pikiran dan Perasaan

Visualisasi dan narasi yang menarik tentang dilema antara pikiran dan perasaan ini, dapat kita tonton salah satunya dari sebuah film drama Hongkong berjudul "The Lady Improper" yang terinspirasi dari sebuah kisah nyata. 

Film yang disutradari oleh Tsui Shan Tsang dan dirilis pertama kali pada 4 April 2019 ini, dibintangi oleh Charlene Choi yang merupakan pemeran utama dan berperan sebagai Yuen Siu Man.

Sementara itu beberapa pemeran pendukung antara lain, Chris Wu sebagai Jia Hao, Hedwig Tam sebagai Moon, Tai Bo sebagai Paman Keung, Alex Lam sebagai Ah Him, Cecilia Yip sebagai Lin, dan Tony Liu sebagai pemilik bar. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x