Mohon tunggu...
Sabda13
Sabda13 Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Tertutup | Mahasiswa

Tulisan yang dibuat bukanlah kebenaran mutlak. Hanya berupa sudut pandang penulis yang masih belajar. Oleh karena itu sangat terbuka pada diskusi terhadap kesalahan yang dibuat.

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Cerpen Kurang Berseni, Tanda Sastra Sudah Terpolitisasi

7 Oktober 2019   03:39 Diperbarui: 7 Oktober 2019   03:37 80
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Toh, masih banyak konflik di pemerintah yang harus difikirkan. Atau kerana sudah tidak ada lagi bakat penulis zaman dulu di waktu sekarang, dan cerpen itu harus tetap termuat untuk menjaga eksistensi.

Mungkin saja ini karena seleraku yang terlalu tinggi di masa yang serba instan, serba mudah dan tidak mau riweh. Apalagi hanya sekedar urusan sastra. 

Lalu bagaimana dengan orang terdahulu, bukankah sastrawan termasuk yang ditakuti karena pengaruhnya mengontrol ideologi melalui keindahan seni ? Bukankah itu lebih halus dibanding kata -- kata dari sebuah pidato janji -- janji ?

Sedangkan sekarang, sastra hanya dijadikan hiburan. Kalau tidak untuk ladang meraup keuntungan uang dari beberapa pihak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun