Mohon tunggu...
Themis Ada
Themis Ada Mohon Tunggu... Freelancer - Penulis

uksw

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Mengintip Wisata Edukatif Pertanian dan Peternakan di Kampung Kidz Batu

18 September 2018   21:07 Diperbarui: 18 September 2018   21:18 731
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber: lifestyle Sindonews

Halo sobat travel kompasiana, Kota Batu,Jawa Timur memang sangat terkenal dengan tempat wisata yang luar biasa indah dan cuaca sejuk yang membuat setiap dari kita yang mengunjungi setiap tempat wisata yang ada di Kota Batu tidak ingin cepat angkat kaki dari kota tersebut. 

Dalam artikel kali ini saya ingin membagikan pengalaman selama mengunjungi tempat wisata eduktif yang sangat terkenal di Kota Batu, yaitu Kampung Kidz.

Kampung Kidz adalah tempat wisata edukatif yang berluas sekitar 10 hektar yang terletak di Batu. Mungkin banyak sobat berpikir bahwa sesuai dengan namanya jika Kampung Kidz sendiri hanya boleh untuk anak-anak saja, namun semua itu salah menurutku. 

Saya mengunjungi tempat tersebut bukan hanya sekedar berwisata namun untuk mengambil beberapa ilmu yang saya dapat dari sana. Kampung Kidz sendiri ternyata diolah oleh anak-anak yatim yang kurang mampu. 

Mereka diberi kepercayaan untuk mengolah Kampung Kidz bukan hanya sekadar tempat wisata melainkan juga sebagai tempat edukusi. Anak- anak yang kurang mampu disekolahkan secara gratis ditempat itu tetapi dari situ mereka dipersilahkan memilih bakat dan minat yang akan dikembangkan untuk mengasah bakat yang ada. 

Jadi, misalkan ada siswa yang sangat suka dengan pertanian maka mereka dipersilahkan mengasah bakat mereke dengan belajar bercocok tanam dengan cara hidroponik dan bisa juga seperti mengolah hasil pertanian.

Saya adalah orang yang tertarik mengenai pertanian dan peternakan. Setelah saya tiba ke tempat wisata tersebut, saya kaget bukan main ketika melihat perkebunan, tanaman hidroponik, serta peternakan yang ada. Saya kaget karena mereka semua sangat pandai dalam mengolah lahan yang membuatnya rapih dan tentunya sangat indah dipandang serta didukung dengan cuaca yang sejuk. 

Dari situ, saya mulai tambah terinspirasi untuk terjun ke bidang pertanian apalagi soal mengolah lahan dan juga mengolah hasil pertanian. Selama disana, saya tak ragu untuk bertanya dan bercerita mengenai cara mereka bisa sampai sebaik ini dalam mengolah lahan dan hasil dari pertanian tersebut.

Di Kampung Kidz sendiri tidak hanya terdiri dari wisata pertanian dan peternakan tetapi juga ada usaha perhotelan, restaurant, tampil panggung, mengolah hasil pertanian, outbound dan beberapa lainnya. 

Tetapi kali ini saya lebih tertarik untuk membahas Pertanian dan Peternakan yang ada disana. Dari situ saya belajar apa yang namanya siklus dan segala pemanfaatan yang ada. Sebagai contoh mereka memanfaatkan hasil peternakan berupa telur dan daging ayam untuk diolah di restaurant. Contoh berikutnya jika ada sayuran maupun buah yang busuk dapat dijadikan sebagai pupuk. 

Jadi, pada intinya dari itu saya betul-betul belajar untuk memanfaakan segala yang ada jangan sampai terbuang sia-sia. Disana juga kita bisa belajar bagaimana mengolah pisang menjadi keripik dengan rasa yang bervarian dan kita juga bisa sekalian untuk belajar memasak. Dari situ juga kita dapat belajar cara berjualan yang baik kepada konsumen apalagi sekarang ini sudah sangat zamannya jual online. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun