Pembelajaran menulis sebenarnya satu paket dengan membaca prmulaan. Namun, karena permasalahanya cukup rumit maka segaja dipisahkan. Tujuanya tentu agar mudah dipahami oleh khususnya calon guru PGMI/PGSD, maka materi permulaan menulis di peruntukan oleh kelas 1 dan 2 MI/SD.
Langkah-langkah kegiatan menulis permulaan terbagi kedalam dua kelompok, yakni :
Memegang Pensil
Pembelajaran diawali dengan sikap duduk yang benar. Duduk menghadap meja belajar, ke dua tangan di letakan di atas meja. Posisi kursi dirapatkan dengan meja belajar, tetapi tidak mengganggu posisi duduk anak (misalnya menjepit). Setelah anak dapat duduk dengan tenang, pembelajaran selanjutnya adalah memegang pensil dengan benar,  jika di perhatikan murid sekarang banyak yang  tidak benar cara memegang pensil.  Cara memegang pensil yang benar adalah menjepit atau meletakan di atas jari tengah dan di jepit dengan ibu jari dan jari telunjuk dan dipegang dengan lemas. Dengan demikian tangan dapat memegang dengan santai, bukan di genggam atau di jepit dengan tiga jari dan diletakkan di jari manis. setelah anak dapat memegang pensil dengan benar, latihlah :
Menggerakan pensil diawang-awang dengan lemas, gerakan keawang-awang ini terus menerus dilakukan sehingga tangan anak benar-benar lemas.
Latihan kedua adalah membuat garis tegak di kertas dari atas ke bawah sepanjang kolom garis kertas. latihan ini dibuat berulang-ulang sampai seluruh siswa dapat melakukan dengan benar. suruhlah siswa mengulangi pekerjaannya.
Latihan ketiga membuat garis  miring, dari kiri atas kekanan bawah dan sebaliknya.
Latihan keempat membuat garis lurus dari kiri kekanan dan sebaliknya.
Latihan kelima membuat garis lengkung ke dalam dan keluar serta membuat dua garis lengkung yang dipertemukan.
Latihan keenam membuat bulatan atau lingkaran.
Latihan ke tujuh membuat garis centang.