Mohon tunggu...
Ardipri
Ardipri Mohon Tunggu... Opini

Opini publik

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Analisi Penerbangan Asing Vs Lokal dalam Opini

17 Juni 2019   10:11 Diperbarui: 17 Juni 2019   10:20 0 1 2 Mohon Tunggu...

Beberapa hari ini kita di hebohkan dengan akan masuknya maskapai asing ke dalam rute penerbangan di Indonesia. Hal ini menyebabkan pro dan kontra di masyarakat. 

Di satu pihak masyarakat membutuhkan transportasi udara yang terjangkau dan dipihak lain ini akan memunculkan tekanan terhadap perusahaan penerbangan dalam negeri yang hingga saat ini belum terlalu kuat di pasar penerbangan di negaranya sendiri. Ya kalau menurut opini saya kebijakan ini akan membunuh maskapai dalam negeri, begini analisisnya. 

1. Belum Untung
Bisa dipastikan mengapa maskapai dalam negeri menaikan tarif karena mereka rugi. Dalam dunia usaha untung adalah hal yang di cari jika mereka terus-menerus rugi sudah di pastikan usaha itu akan bangkrut. 

Nah jika kebijakan untuk memasukan maskapai asing di waktu sekarang kurang tepat. Walaupun alasanya agar terjadi persaingan sehat, nyatanya ini tidak tepat dimana maskapai dalam negeri masih belum kuat sementara itu maskapai luar negeri sudah di pastikan kuat jika kedua maskapai ini bertarung di pasar penerbangan indonesia sudah bisa di pastikan maskapai yang mana yang akan bertahan.

2. Modal
Modal adalah sala satu instrumen yang sangat penting dalam suatu perusahaan dimana sala satu fungsinya untuk dapat bersaing di dunia usaha. Bisa kita pastikan modal dari maskapai asing lebih besar dari maskapai dalam negeri karena mereka sudah mampu ekspansi di luar negaranya. 

Dalam dunia usaha sudah tidak heran lagi ada prinsip rugi dulu untung kemudia dalam hal ini perusahaan yang memiliki modal besar akan membuat produk yang kualitasnya baik dengan harga murah dengan harapan pesaingnya kalah setelah pesaingnya bangkrut mereka akan menguasai pasar.

3. Harga tiket tidak adil
Harga tiket maskapai asing seharusnya lebih mahal di bandingkan maskapai dalam negeri karena mereka harus membayar izin dan pajak yang lebih besar jika mereka bisa menjual tiket lebih murah tentunya ini akan menimbulkan pesaingan tidak sehat.