Tejo Priyono
Tejo Priyono

Metro - Tanggamus - Tulang Bawang, Pringsewu - Kalianda - Pesawaran

Selanjutnya

Tutup

Musik

Vokal Serak Sepanjang Masa

15 Mei 2018   20:41 Diperbarui: 15 Mei 2018   21:19 135 0 0
Vokal Serak Sepanjang Masa
rollingstone.com

Seorang gitaris ataupun pemegang instrumen lain dalam sebuah band pastilah ingin mempunyai ciri khas atas suara yang dihasilkannya. Maka seorang pemain alat musik melakukan eksplorasi bunyi (sound) atas alat musik yang dikuasai dan dimainkan saat mereka naik panggung.

Taruhlah dia seorang gitaris rock, pasti punya (merk) gitar khusus juga efek distorsi favorit yang telah dioprek, dimodif sana sini sampai menemukan bunyi bisa menunjukkan "Ini lho aku!".

Ambil contoh Ian Antono, tentu Beliau melalui proses yang panjang membentuk sound gitarnya hingga saya (penulis--red) bisa menilik itu bunyi gitarnya Ian meski telinga ini hanya sekelebat mendengar penggalan lagu saat Ian sedang memainkan solo melodi di lagunya Nicky Astria, God Bless, Iwan Fals, Frankie Sahilatua (Alm) atau saat bersama Ebiet G. Ade.

dok. God Bless
dok. God Bless

Begitu juga dengan penyanyi/vokalis yang memang modalnya suara, ada yang sengau, ada yang mengandalkan tehnik falseto, ada yang sesuai porsinya dalam menggunakan tehnik vibra, ibarat masak dia memakai takaran bumbu yang pas sehingga sedap dalam sajian rasa.

Dalam musik rock metal ada yang cara bernyanyi scream, growl, melengking dalam nada-nada tinggi atau menggeram marah sesuai tema-tema lagunya.

Seperti halnya bunyi gitar, seorang vokalis juga membentuk identitas dengan suaranya, tak terkecuali penyanyi dengan warna suara serak seperti:

Janis Joplin (1943-1970), penyanyi blues kelahiran Texas dengan cara bernyanyi powerfull, melengking serak. Saya tak perlu jentrengkan lagi perihal Janis Joplin karena segala referensi tentangnya bisa pembaca browsing sendiri, apresiasi saja lagu-lagunya dan jangan "mengadilinya". Dengar intro vokal sepanjang masa milik Janis Joplin di lagu "Cry Baby".

Eric Martin dari band rock era 90-an Mr. Big, dari banyak lagu hitsnya yang begitu membekas di ingatan adalah lagu "Nothing But Love". Intro vokal Eric khas banget.

steemit.com
steemit.com

Cakra Khan, nah.. Beliau ini produk dalam negeri. Vokal seraknya meliuk-liuk dalam cengkok yang sulit ditiru, orang sering bilang lagunya keriting. Semua jenis lagu Cakra bisa, dangdut, rock, apalagi jenis pop mellow nan galau maka suara seraknya menyatu sempurna dan nikmat sekali didengar.

liputan6.com
liputan6.com
Terakhir kabarnya Cakra akan merekam album berbahasa Sunda, bila itu terlaksana maka Cakra Khan akan menambah kaya khasanah seni musik Indonesia.

Demikianlah sekelumit pemilik vokal serak sepanjang masa, sebenarnya masih ada beberapa lagi kalau mau diteruskan listnya, cuma tidak keren lah.. kalau melulu penyanyi bule referensinya. Atau pembaca bisa meneruskan list nya silahkan. ***