Mohon tunggu...
Teguh setiawan
Teguh setiawan Mohon Tunggu... Jurnalis - Email: teguhpangerankegelapan@gmail.com

Seluruh tulisan ini saya persembahkan untuk anak saya yaitu Fathan pratama setiawan.

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Belajar Stand-up Comedy di Komunitas Stand-up Indo Rangkasbitung

1 Desember 2022   19:07 Diperbarui: 1 Desember 2022   19:41 800
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

img-20221201-185938-6388a0dda1aeea48a61049a2.png
img-20221201-185938-6388a0dda1aeea48a61049a2.png
Note: Tulisan ini tentu bukan thesis, bukan disertasi, bukan tulisan karya ilmiah, bukan jurnal reportase dan bukan juga artikel tapi tulisan ini hanya curhat berbagi pengalaman..( semoga bermanfaat, semoga ada manfaatnya..selamat membaca)

"Ternyata di Rangkasbitung ada komunitas standup comedy loh," itu adalah kalimat yang terucap dari mulut saya setelah saya menemukan komunitas ini di laman media sosial dan internet. Sebelumnya saya adalah seorang penggemar standup comedy, kesenian lawak tunggal ini saya sudah senangi dari dulu, saya sering menonton penampilan standup comedy dari para komika yang saya sukai, biasanya saya nonton via youtube. Banyak sekali komika atau standup comedian yang saya sukai dan sering saya tonton di youtube seperti; Panji pragiwaksono, adriano qalbi, indra frimawan, Aji DPR, ridwan remin, Adit MKM, yono bakrie dan lain-lain.

Aksi para komika tersebut dipanggung selalu membuat decak kagum dan tawa. saya selalu merasa terhibur ketika mereka semua tampil. Selain menikmati penampilan mereka di youtube saya pun mulai tertarik lebih dalam dengan yang namanya standup comedy. Saya mulai mempelajari apa itu standup comedy?

di channel youtube standup indo ada video series tentang bagaimana caranya membuat materi standup comedy (--yang dalam video itu terekam skena adegan yono bakrie sebagai murid dan danny beller sebagai guru. dalam adegan layaknya sekolah itu saya menikmati materi yang tersaji dalam youtube tersebut---) dalam video itu dijelaskan semua hal ikhwal tentang standup comedy, seperti apa itu joke? apa yang membuat orang tertawa? apa itu premis? apa itu set up? apa itu punchline? semua dijelaskan secara gamblang dalam video tersebut beserta contoh-contohnya.

Penjelasan teori dan pendalaman materi yang saya lihat di youtube-youtube itu membuat saya semakin jatuh cinta dengan kesenian standup comedy ini. Lewat perasaan jatuh cinta kepada kesenian standup comedy ini saya mulai ingin melangkah menjejakan kaki yang tadinya sebagai penikmat standup comedy beralih sebagai pelaku standup comedy (komika).

Menjadi seorang komika tentu tak cukup hanya belajar dari nonton youtube dan membaca buku saja, selebihnya kita harus bergabung dengan komunitas standup comedy agar bisa lebih belajar secara komprehensif. lewat komunitas maka apa yang kita serap secara teori bisa di aktualisasikan secara praktis. Dari hal tersebut saya mulai mencari-cari dimanakah komunitas itu berada? saya menemukan komunitas bernama standup indo. komunitas standup indo ini merupakan komunitas yang sudah sangat besar  dan memiliki cabang-cabang di setiap provinsi dan kota-kota yang tersebar diseluruh indonesia. 

Bagi saya yang tinggal di provinsi Banten dan berdomisili di kota rangkasbitung tentulah saya mencari dimanakah komunitas ini berada. tadinya saya pikir kota kecil seperti rangkas tak ada komunitas standup indo, tapi ternyata ada. rupanya saya ketinggalan informasi.hehehe...

Standup indo rangkas ternyata sudah ada kira-kira dari tahun 2014 dan saya baru tahu tahun 2022, saya menemukannya tatkala melihat IG resmi standup indo rangkas @standupindo_rks, dari situ saya melihat dan mendapatkan informasi. setelah itu saya bergabung dengan komunitas standupindo_rks, saat itu saya datang pada saat para komika sedang melaksanakan open mic di cafe bahe yang bertempat di Kampung baru.

setelah berkomunikasi dengan abang-abang senior di komunitas maka syarat untuk bergabung menjadi komika ialah naik open mic beberapa kali dan setelah itu dimasukan ke grup. Setelah open mic saya kemudian diterima sebagai anggota grup.

Di grup ini saya banyak belajar tentang standup comedy, walaupun secara pribadi saya masih canggung dalam belajar karena secara karakter saya seorang introvert (pendiam) dan saya harus belajar komedi yang notabene merupakan hal yang bersifat social skill dimana public speaking selalu diuji. namun semua itu saya berusaha lewati karena saya percaya bahwa kerja keras yang tekun akan mengalahkan bakat. saya percaya walaupun saya pendiam tapi saya bisa berkomedi.
dalam ber-standup saya memang masih belum lucu dan masih penuh kekurangan namun saya tetap belajar karena saya mencintai kesenian ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun