Mohon tunggu...
Teguh Ikhmal Bakhtiar
Teguh Ikhmal Bakhtiar Mohon Tunggu... Lainnya - Kosong itu isi, Isi itu kosong, teguhikhma@gmail.com

Apa yang membuat kamu yakin sekarang kamu sedang tidak bermimpi?

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Diabetes Anak Menjadi Momok Menakutkan Masa Kini

15 Februari 2023   10:49 Diperbarui: 15 Februari 2023   11:01 199
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diabetes Anak. Foto: Pixabay.com

Diabetes melitus adalah suatu kondisi medis kronis yang mengganggu kemampuan tubuh dalam mengubah makanan, terutama karbohidrat atau gula, menjadi bahan bakar yang dapat digunakan oleh tubuh. Jika diabetes tidak diobati dengan tepat, kadar glukosa yang tinggi dalam darah dapat menyebabkan kerusakan pada jantung, pembuluh darah, ginjal, mata, dan sistem saraf selama bertahun-tahun. 

Macam Diabetes

Diabetes tipe 1 dan tipe 2 adalah dua bentuk diabetes yang paling umum. Kedua jenis diabetes dapat terjadi pada usia berapa pun, tetapi diabetes tipe 1 lebih sering didiagnosis diabetes anak

Diabetes Tipe 1

Diabetes tipe 1 terjadi ketika pankreas tidak memproduksi cukup hormon yang disebut insulin. Hal ini menyebabkan tubuh tidak dapat menggunakan gula secara efektif, sehingga gula menumpuk dalam aliran darah. Gula-gula ini (yang disebut juga glukosa) yang tidak dapat digunakan oleh tubuh akan dikeluarkan dari tubuh melalui urine, membawa air bersamanya. 

Meskipun diabetes tipe 1 bisa dimulai pada usia berapa saja, namun ada periode tertentu di mana risiko terjadinya penyakit ini lebih tinggi, yaitu pada usia 5 hingga 6 tahun dan kemudian pada usia 11 hingga 13 tahun. Hal ini mengakibatkan diabetes anak.

Tanda pertama yang sering muncul adalah sering buang air kecil, terutama di malam hari, yang dapat membuat anak yang sebelumnya sudah terlatih menggunakan pispot menjadi mengompol lagi.


Ada juga gejala utama lainnya, seperti rasa haus dan lelah yang berlebihan, penurunan berat badan, dan peningkatan nafsu makan. 

Sangat penting untuk mengenali gejala diabetes tipe 1 sejak dini. Kadar gula darah yang tinggi dan dehidrasi akibat diabetes yang tidak terkontrol bisa sangat berbahaya dan dapat menyebabkan anak-anak membutuhkan insulin dan cairan intravena di ruang gawat darurat anak atau unit perawatan kritis. 

Diabetes Tipe 2

Dulu diabetes tipe 2 disebut sebagai diabetes "adult onset", karena penyakit ini hampir tidak pernah terjadi pada anak-anak. Namun, dengan meningkatnya angka obesitas pada anak-anak, semakin banyak anak yang didiagnosis menderita penyakit ini, bahkan ada yang baru berusia 10 tahun.

Selain masalah berat badan, faktor risiko lainnya untuk diabetes tipe 2 pada anak-anak termasuk memiliki anggota keluarga yang menderita penyakit ini, dilahirkan dari ibu yang menderita diabetes saat hamil (diabetes gestasional), atau memiliki masalah medis lain yang memengaruhi cara tubuh memproses insulin.

Gejala diabetes tipe 2 mirip dengan diabetes tipe 1 dan mungkin muncul secara perlahan. Salah satu ciri khasnya adalah adanya area kulit yang menjadi lebih gelap, terutama di sekitar leher atau ketiak. 

Cara mengontrol Diabetes 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun