Mohon tunggu...
tegarsianipar
tegarsianipar Mohon Tunggu... Freelancer - Analis

Mengabadikan pikiran lewat tulisan.

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

5 Langkah Jitu agar Bisa Segera Pensiun

1 September 2022   13:56 Diperbarui: 1 September 2022   14:04 149 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1. Membangun Usaha Sampingan, Sehingga Dapat Penghasilan Diluar Gaji Pokok Perkerjaan

Usaha merupakan suatu hal yang kita kerjakan dengan cara memanfaatkan sepenuhnya akal dan pikiran kita untuk merubah sesuatu dengan tujuan mendapatkan hal yang kita inginkan. 

Bagi saya definisi usaha adalah seperti berikut, membangun usaha adalah cara yang harus kita lakukan untuk bisa segera pensiun, jika kita mempunyai usaha yang kita kerjakan sendiri entah itu skalanya kecil atau besar tidak menjadi masalah karena tetap saja itu akan menambah kolom pemasukan kita.

Dalam buku yang berjudul "Kebebasan Finansial" yang ditulis oleh Grant Sebatier, di buku itu diterangkan dengan jelas bahwa salah satu syarat mencapai kebebasan finansial secepat mungkin adalah dengan cara membangun usaha sampingan yang artinya akan menambah alur uang masuk ke kolom daftar penghasilan kita, cara ini dapat membuat kita lebih mengembangkan kemampuan kita dalam menghasilkan uang, dan juga memaksa kita untuk berpikir tentang "hal apa lagi ya yang harus saya kerjakan agar bisa menambah penghasilan", bisa jadi suatu saat usaha sampingan kita itulah yang akan menjadi penghasilan pokok kita.

Dalam hal membangun usaha sampingan, kita juga jadi bisa belajar hal baru diluar rutinitas pekerjaan yang kita lakukan, dan juga menambah wawasan kita tentang sesuatu yang baru atau menemukan hobi baru, terlebih lagi apabila kita mengerjakan hobi kita dan mendapatkan uang.

Namun yang sering kali terjadi adalah kita bingung dan tidak tahu apa yang harus kita lakukan untuk membangun usaha sampingan kita, banyak ahli yang mengatakan coba pikirkan masalah apa yang terjadi disekeliling kita, dan pecahkan itu sehingga menjadi peluang usaha. 

Contoh di daerah sekitar kita cuaca nya sering hujan, masalah nya orang jadi tidak bisa berkegiatan karena takut basah karena kehujanan, lantas kita menemukan ide untuk menjual mantel hujan murah atau payung atau bisa juga usaha jasa ojek payung. 

Ini merupakan salah satu contoh metode pemecahan masalah dalam hal melihat peluang usaha, cara ini memang benar efektif, namun sebagai pemula kadang kita juga sudah tahu masalah nya namun tidak tahu harus berbuat apa, ini adalah hal yang terjadi pada saya sewaktu mau mulai berpikir "mau bangun usaha sampingan apa ya", lalu saya menemukan formula baru dalam menciptakan ide yang paling dasar yang menurut saya sangat efektif yaitu, Membaca buku dan menonton youtube inspirasi usaha, entah kenapa hal itu sangat membantu saya untuk berpikir dan menggerakan saya, sehingga jadilah usaha sampingan saya yaitu jual-beli sepeda motor lewat marketplace di Facebook (FB), hal ini sangat sederhana saya beli dari orang yang jual motor di FB lalu saya perbaiki sedikit lalu saya jual kembali dengan harga yang lebih mahal. 

Sederhana namun cukup membuat saya menambah pundi-pundi penghasilan dan saya juga senang melakukan nya seperti ada kenikmatan dalam bertransaksi dan tawar-menawar, Membaca dan menonton youtube inspirasi lah, Maka pikiran kita akan lebih lancar dalam merealisasikan ide, kadang kita sudah mau bergerak namun dibatalkan oleh kata "Nanti", kata "Nanti" adalah penghalang terbesar dalam dunia usaha, jika kita mau mendapatkan penghasilan sampingan dari usaha sampingan kita maka kita harus membatalkan kata "Nanti" ini dengan "Sekarang", kata "Sekarang" membuat kita bergerak dan gerakan pasti menghasilkan perubahan terhadap sesuatu.

2. Menciptakan Passive Income Seperti, Investasi Saham atau Investasi Property

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan