Mohon tunggu...
Undiksha
Undiksha Mohon Tunggu... Lainnya - jurnalis

Merupakan penulis artikel/berita kegiatan undiksha

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Merajut Kebhinekaan bersama Mahasiswa PMM Undikhsa

3 Oktober 2022   15:21 Diperbarui: 3 Oktober 2022   15:31 107 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pertukaran Mahasiswa Merdeka merupakan program pertukaran mahasiswa selama satu semester dari satu klaster ke klaster daerah lainnya yang memberikan pengalaman kebhinekaan dan sistem alih kredit maksimal sebanyak kurang lebuh 20 sks. Undikhsa merupakan salah satu penyelenghara program pertukaran mahasiswa merdeka dari seluruh universitas diindonesia.

Pada hari Senin (3/10), undiksha menyelenggarakan penerimaan dan pelepasan mahasiswa Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) bertempat di Gedung Kesenian Gede Manik, Kota Singaraja. Melalui kegiatan ini mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah, dengan beragam suku, agama, ras dan antar golongan (SARA) diajak untuk selalu menjalin hubungan kebhinekaan.

Kegiatan penerimaan dan pelepasan mahasiswa PMM dihadiri oleh Wakil Rektor bidang akademik dan kerjasama undiksah, Dr. Gede Rasben Dantes, S.T.,M.T.I, dengan didampingi sejumlah dekan, wakil dekan dan para dosen pengampumatakuliah modul nusantara. Dikesempatan kali ini wakil rektor 1 undiksha menyampaikan bahwa program PMM ini merupakan salah satu program dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk menempuh pendidikan satu semester di universitas lain dengan mengambil matakuliah sesuai dengan kompetensi yang diambil di kampus asalnya yang mendukung kompetensi utama.

Dari program yang terlaksana diharapkan mahasiswa mendapatkan pengalaman akademik dari para dosen, mengetahui beragam kebudayaan dan kekayaan nusantara yang terdiri dari berabagai SARA. ini semua terakomodasi dalam matakuliah modul nusantara. Dikutip dari undiksha.ac.id "Harapan kedepannya melalui program PMM ini mahasiswa PMM dapat merajut kebhinekaan, bisa saling berkolaborasi, kemudian saling berinteraksi dengan masyarakat yang ada di undiksha" ajak Rasben Dantes.

Sebanyak 322 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di indonesia menjadi mahasiswa PMM di Undiksha, ini merupakan kali kedua undiksha mendapat kesempatan untuk pertukaran mahasiswa merdeka. Dari pelaksanaan PMM  ini tidak hanya dapat mempelajari tentang keunikan daerah, tetapi juga membangun interaksi sosial dan toleransi. Selain menerima, sebanyak 29 mahasiswa undiksha juga mengikuti PMM di kampus lain.

Besar harapan mahasiswa undiksha juga mendapatkan mengenal kebudayaan, berinteraksi sosia dan bertoleransi di universitas yang mereka tempati saat ini.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan