Mohon tunggu...
Triana Dewi
Triana Dewi Mohon Tunggu... Administrasi - hakuna matata

teacher-writer-blogger www.trianadewi.com @trianadewi_td

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Tetap Ngeblog, Siapa Takut?

27 Oktober 2023   11:56 Diperbarui: 27 Oktober 2023   13:02 113
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tak terasa sudah sepuluh tahun lebih aku menjadi blogger. Tentu banyak suka dan duka yang sudah aku alami. Dari mulai tertatih-tatih belajar menulis di blog sampai akhirnya blogku bisa menghasilkan. Apalagi kemudian aku menyadari bahwa menulis merupakan salah satu caraku untuk healing. Tentu sejak itu aku semakin menikmati menulisku.

Aku juga tidak menyangka bahwa dengan rajin menulis di blog, akhirnya aku bisa mendapatkan penghasilan. Selain itu banyak hal bermanfaat lain yang juga aku dapatkan dari menjadi blogger. Beberapa pengalaman berharga yang aku dapatkan karena menjadi blogger antara lain : 


1. Aku bisa ketemu tokoh-tokoh penting dan terkenal di negara kita, tentu banyak ilmu yang bisa aku ambil karena berbincang-bincang dan sharing dengan mereka. hal ini sungguh menambah wawasanku.


2. Aku bisa menjadi pembicara untuk menularkan keilmuan yang aku miliki, aku bisa berbagi dan sharing kepada mereka yang masih belajar menekuni dunia blogging.

3. Aku bisa mendapatkan penghasilan dengan menjadi blogger antara lain dengan menulis review produk atau menulis sebuah liputan yang aku datangi atau mungkin hanya content placement saja.


4. Aku bisa menambah network dan pertemanan sehingga bisa memperluas jaringan kerja. Dan yang paling penting aku menemukan teman rasa saudara yang akhirnya bisa aku ajak curhat dan menemani hari-hariku.

5. Aku bisa mengunjungi banyak daerah dan banyak tempat tanpa perlu mengeluarkan uang, karena sebagai seorang travel blogger aku sering diundang untuk mereview tempat wisata ataupun restoran.

6. Aku bisa mengembangkan hobi menulis buku karena aku mempunyai banyak jaringan pertemanan yang mengenal aku sebagai blogger dan memintaku untuk membimbing mereka menjadi penulis juga.

Kalau disebutkan satu persatu tentu tidak akan cukup menuliskannya di sini, betapa aku sangat beruntung dan menikmati menjadi blogger. Tetapi kadang-kadang ada rasa was-was apakah profesiku sebagai blogger ini masih bisa tetap aku pertahankan, sejauh ini menurutku aku tidak takut untuk tetap menjadi blogger, aku tidak takut untuk tetap ngeblog karena aku percaya dunia blogging akan tetap dibutuhkan sampai kapanpun.

Aku Tidak Takut AI
Banyak orang takut dengan AI atau Artificial Intelligence, karena ia membantu orang yang tidak bisa menulis untuk menghasilkan tulisan, tetapi aku tidak takut, aku justru bisa menggunakan AI untuk membantu menulis banyak data yang tidak sempat aku tulis karena keterbatasan waktu, atas bantuan AI aku justru dengan cepat bisa menyelesaikan tugas menulisku.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun