Mohon tunggu...
Tb Adhi
Tb Adhi Mohon Tunggu... Jurnalis - Pencinta Damai

Sich selbst zu lieben ist keine ritelkeit, sondern vernunft

Selanjutnya

Tutup

Olahraga

Airlangga Dukung 1'st Indonesia Taijiquan Championship 2022

30 September 2022   12:54 Diperbarui: 30 September 2022   12:57 134 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Supandi Kusuma (kiri) dan Airlanggga Hartarto. (Foto: PB WI)

KETUA Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia, Airlangga Hartarto, mendukung pergelaran I'st Indonesia Taijiquan Championship 2022 yang memperebutkan Piala Supandi Kusuma. 1'st Indonesia Taijiquan Championship 2022 Master Supandi Kusuma Cup ini digelar 22-28 Oktober mendatang di GOR Mini Futsal Dispora Sumut, Medan. Airlangga yang ketua umum Partai Golkar dan Menko Perekonomian berupaya meluangkan waktunya untuk menghadiri pembukaan event yang baru pertama kali dihelat ini.

1'st Indonesia Taijiquan Championship 2022 Master Supandi Kusuma Cup bisa menjadi arena pemanasan bagi atlet-atlet junior pelatnas PB WI sebelum diterjunkan ke Kejuaraan Dunia Wushu Junior VIII, 2-12 Desember di ICE BSD, Tangerang, Banten, khususnya atlet dari disiplin taolu nomor taijiquan atau taichi.

1'st Indonesia Taijiquan Championship 2022 berbeda dengan pelaksanaan kejuaraan atau event wushu yang selama ini digelar, karena khusus memperlombakan nomor Taiji, yang merupakan salah satu aliran dalam wuhsu. Kendati demikian, peserta kejuaraan diharapkan datang dari berbagai provinsi.

Selain untuk lebih memperkenalkan taijiquan kepada masyarakat, event ini juga sebagai wadah pecinta taiji di Tanah Air berkompetisi. Taiji, yang disebut-sebut juga sebagai rohnya wushu, sesungguhnya bagian yang tidak dapat terpisahkan dari wushu Sumut.

Ini, karena pendiri wushu Sumut adalah juga salah satu pionir keberadaan cabor wushu di Tanah Air, yakni Master Supandi Kusuma. Kita ketahui bahwa Supandi Kusuma adalah sosok yang tidak dapat dipisahkan dari wushu.

Sebagaimana dikutip media, Master Supandi Kusuma adalah putra asal Sumut yang totalitas berdarah taiji. Ia juga merupakan insan wushu yang paripurna, Pernah menjadi atlet, wasit, pelatih taiji, hingga membina wushu secara keseluruhan. Bahkan, ia juga adalah penyandang gelar DAN VIII Wushu Internasional.

Komunitas wushu Tanah Air tidak bisa melupakan jasa Master Supandi Kusuma sebagai sosok yang berhasil melahirkan jago-jago taiji nasional asal Sumut seperti Zainab, Dwi Arimbi, Lindswell Kwok,  Fredy Wijaya dan Nicholas.

Totalitas Master Supandi Kusuma di wushu (taiji) itu pulalah yang membuat PB WI pimpinan Airlangga Hartarto menobatkan beliau sebagai Bapak Taiji Indonesia. Merujuk pemberitaan media, Master Supandi dinobatkan sebagai Bapak Taiji Indonesia dalam Musyawarah Nasional (Munas) VII Wushu Indonesia di Hotel JR Luwansa Jakarta, Jumat, 28 Januari 2022.

Supandi Kusuma, yang juga pemilik Yayasan Kusuma Wushu Indonesia (YKWI) Medan, mengapresiasi penobatannya sebagai Bapak Taiji Indonesia tersebut. Ia berterima kasih kepada Airlangga Hartarto yang menganugerahinya pin emas.

Supandi Kusuma meyakini Airlangga Hartarto bisa membawa wushu Indonesia lebih baik lagi, karena kepandaiannya dalam memilih jajaran pembantunya di kepengurusan. Pendamping yang memahami olahraga wushu sehingga bisa menjawab tantangan prestasi. Apalagi, gerakan wushu itu perlu kesempurnaan karena sedikit saja meleset bisa mengalami kegagalan. Ini yang harus menjadi pertimbangan mengingat persaingan aemakin ketat ke depannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan