Mohon tunggu...
TauRa
TauRa Mohon Tunggu... Konsultan - Rabbani Motivator, Penulis Buku Motivasi The New You dan GITA (God Is The Answer), Pembicara Publik

Rabbani Motivator, Leadership and Sales Expert and Motivational Public Speaker. Instagram : @taura_man Twitter : Taufik_rachman Youtube : RUBI (Ruang Belajar dan Inspirasi) email : taura_man2000@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Ini 3 Kiat Teman Saya Berhenti Merokok

9 Oktober 2021   16:30 Diperbarui: 9 Oktober 2021   16:44 187 27 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Selalu ada cara untuk berhenti dari apapun jika kita punya tekad yang kuat (Sumber gambar: alodokter.com)

Sekitar setahunan yang lalu, saya dikunjungi oleh seorang teman dari luar kota yang sudah lama tidak bertemu secara fisik meski sering bercengkrama secara virtual. Ya, namanya teman lama tidak bertemu, maka kegembiraan sangat terlihat di wajah kami berdua. Dari pagi hingga malam bahkan kami terus tertawa bahagia dan terus membahas banyak hal meski diselingi dengan pekerjaan masing-masing.

Singkat cerita, ketika malam sudah mulai larut, saya mengajaknya singgah ke tempat tukang sate langganan saya. Ada yang aneh dari penampilan teman saya tadi. Saya juga baru menyadari hal yang berbeda itu. Ya, ternyata teman saya itu tidak membawa rokok di kantongnya. Saya baru ngeh kalau memang dari sejak makan siang tadi, dia sudah tidak merokok. 

Sebagai teman, tentu saya bertanya apa memang dia sudah tidak merokok lagi? Ya, jawabannya cukup mengagetkan. Dia sudah berhenti merokok total dan menceritakan tipnya berhenti merokok kepada saya. 

Nah, saya juga akan membagikan tip itu kepada siapa saja yang membaca tulisan ini. Tip ini bisa dicoba. Adapun tingkat keberhasilannya 100%, minimal bagi teman saya tadi. Mari kita lihat tip nya. Markililede (mari kita lihat lebih dekat)

1. Motivasi Anak

Setelah terus saya cecar pertanyaan yang membuatnya berhenti merokok, dia mengatakan dengan emosional kalau anaknya yang masih kecillah yang menjadi motivasi utamanya.

Suatu malam istrinya bicara kepadanya kalau anak mereka masih kecil. Tentu masih berharap ayahnya akan bisa menemani mereka hingga dewasa. Mendengar ucapan istrinya itu, dia seperti tersadar arah cerita istrinya. Istrinya tidak lagi melarangnya merokok. Tapi hanya menyatakan kalau anaknya masih butuh sosok ayah yang bugar dan sehat hingga mereka dewasa kelak.

Itu kalimat yang baginya, makjleb banget. Ajabinya, eh, ajaibnya, besoknya dia langsung membuang semua asbak di rumahnya. Rokoknya yang masih tersisa setengah bungkus juga langsung ia buang. Istrinya bahkan sampai bingung mengapa tiba-tiba, hanya dalam hitungan jam, ia berubah menjadi spider man, eh, maksudnya berhenti merokok. Sungguh istimewa.

2. Menjauhkan Diri dari Semua yang Berbau Rokok

Ini sebenarnya bukan tip asing. Saya sudah pernah menceritakan tip ini ke teman saya tadi jauh sebelum dia menceritakan kisah berhenti merokoknya. Sebuah buku yang berjudul "Change Anything" juga sudah pernah saya rekomendasikan kepadanya untuk belajar langkah-langkah mudah berhenti merokok dan berhenti dari hal negatif lainnya (jika ada).

Singkatnya, dia baru menyadari kalau tip ini memang cukup efektif dan sangat membantunya keluar dari candu terhadap rokok.

3. Punya Kegiatan Pengalih

Setelah berhenti dari rokok, dia aktif di olahraga sepeda bersama teman-teman kantornya. Awalnya dia sering merasa kelelahan dalam beberapa waktu ketika berolah raga. Seiring berjalannya waktu, dia merasa terus lebih baik hingga akhirnya bisa menikmati kegiatan pengalih dan penggantinya itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Life Hack Selengkapnya
Lihat Life Hack Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan