Mohon tunggu...
TauRa
TauRa Mohon Tunggu... Rabbani Motivator, Penulis Buku Motivasi "The New You" dan Pembicara Publik

Rabbani Motivator, Leadership and Sales Expert and Motivational Public Speaker. Instagram : @taura_man Twitter : Taufik_rachman Youtube : Taura_Official email : taura_man2000@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Karir Artikel Utama

Ini 3 Jurus Ampuh Tingkatkan UMP dengan "UMP"

7 November 2020   08:52 Diperbarui: 7 November 2020   19:26 266 63 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ini 3 Jurus Ampuh Tingkatkan UMP dengan "UMP"
ilustrasi kenaikan gaji. (kompas.com)

"Fokus pada apa yang bisa kau lakukan, dan jangan sibuk memikirkan apa yang tidak bisa kau lakukan, karena itu akan menghabiskan energimu" (TauRa)

UMP naik atau tidak di tahun depan, tentu saja ada diluar wilayah kendali kita sebagai individu. Semakin keras kita berpikir tentang itu, maka semakin habis energi kita ke sana. Padahal masih banyak sekali hal lain yang bisa kita lakukan di luar hal itu.

Bukankah hidup ini terlalu sayang kita habiskan hanya untuk berpikir suatu hal yang "tidak bisa" kita lakukan? adalah lebih baik kalau kita fokus saja pada yang bisa kita lakukan, apapun itu.

Bill Gates memulai membangun microsoft dengan beberapa langkah kecil yang bisa dilakukannya. Mark facebook juga melakukan hal yang demikian. Bahkan Nadiem juga memulai Gojeknya dengan sebuah langkah kecil pemesanan ojek melalui telpon dan berkembang hingga seperti yang kita tahu saat ini.

Singkatnya, orang-orang sukses yang kita kenal hari ini, memang punya mimpi besar, tetapi mereka selalu melakukan apa yang bisa mereka lakukan saja dan mengabaikan apa yang tidak dapat mereka lakukan.

Nah, terkait upah naik atau tidak di tahun depan (meski beberapa daerah mengambil kebijakakan tetap naik), bagaimana kalau kita mengadopsi pemikiran tokoh-tokoh ini saja daripada terlalu berfokus pada suatu hal yang kita tidak tahu pasti jelas atau tidak, dan bahkan kita juga tidak tahu masih ada atau tidak di tahun depan. 

Semua alasan ini seharusnya sudah cukup bagi kita untuk berhenti khawatir tentang suatu hal yang terlalu jauh ke depan dan belum jelas. Dan tentu saja jauh lebih baik bagi kita untuk fokus pada apa yang bisa kita upayakan saat ini juga dengan segala daya dan upaya kita.

Nah, untuk itu, terkait dengan UMP yang naik atau tidak di tahun depan, berikut adalah 3 jurus ampuh yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan "UMP" kita yang pada akhirnya akan meningkatkan banyak aspek dalam hidup kita jauh dari sekadar upah minimum itu. Mari kita lihat.

U - Upaya

Meningkatkan upaya dalam setiap hal yang kita lakukan adalah sebuah keharusan. Memberikan usaha maksimal dalam setiap pekerjaan kita itu adalah kuncinya.

Jadi, kalau kita mau UMP kita ditingkatkan oleh perusahaan, maka fokus saja pada upaya dan usaha kita dalam bekerja setiap hari. Berikan yang terbaik. Jangan hitung-hitungan ketika kerja. 

Kalau kita memberikan yang terbaik, maka jangan kaget, kalau alam akan merespon kebaikan kita dan tidak jarang perusahaan pun pada akhirnya akan berpikir hal yang sama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN