Mohon tunggu...
Tauhid Patria
Tauhid Patria Mohon Tunggu... karyawan swasta

Menulis apa saja kan suka-suka saya

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Ketika Cerita dan Soundtrack Menjadi Paduan Serasi dalam Film

11 Agustus 2019   22:36 Diperbarui: 11 Agustus 2019   22:37 59 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ketika Cerita dan Soundtrack Menjadi Paduan Serasi dalam Film
Beberapa album soundtrack dari Film Indonesia (dokpri)

Ngomongin film, tentunya kita tidak bisa melepaskan diri dari musik dan lagu-lagu yang biasa mengiringi di sepanjang film. Iya, bicara film tentunya sangat erat dengan soundtrack yang terkadang berbanding lurus dengan kesuksesan film tersebut.

Ambil contoh misalnya, di luar negeri kesuksesan film The Bodguard berbanding lurus dengan soundtrack film ini dimana nama penyanyi Whitney Houston melambung berkat lagu-lagu yang dibawakannya. I Will Always Love You dan I Have Nothing menjadi dua lagu di soundtrack The Bodyguard yang melejit dan popular di seluruh dunia.

Atau misalnya soundtrack film Armageddon, I Don't Wanna Miss A Thing yang dinyanyikan  Aerosmith dan sempat melejit di sekitar tahun 1998 dan Leaving On A Jetplane nomor lama milik John Denver yang sukses di daur ulang penyanyi cantik Chantal Kreviazuk  

The Bodyguard menjadi salah satu album soundtrack tersukses di dunia
The Bodyguard menjadi salah satu album soundtrack tersukses di dunia

Sementara di Indonesia, beberapa film juga mampu mengangkat kesuksesan lagu-lagu dari soundtrack film tersebut. Sebut aja misalnya film AADC yang melambungkan nama Melly dan Anto Hoed sebagai duet musisi yang menggarap seluruh lagu di album soundtrack film garapan Rudi Soejarwo tersebut. Lagu-lagu seperti Ada Apa Dengan Cinta, Ku Bahagia, Denting, dan Tentang Seseorang menjadi lagu yang sukses merebut perhatian public khususnya anak-anak muda di sekitar tahun 2002.

Ada juga Petualangan Sherina yang melambungkan nama Sherina tidak hanya sebagai pemain film namun juga sebagai penyanyi berbakat berkat kesuksesan album soundtrack film garapan Riri Riza tersebut. Tercatat beberapa lagu dari film ini melambung menjadi hits seperti Lihat Lebih Dekat dan Jagoan yang sempat popular di sekitar tahun 2000 silam.

Buat gua sendiri, album soundtrack film Indonesia yang paling sering gua denger adalah duet Ipang dan Didiet Saad yang menggarap album soundtrack Realita Cinta dan Rock And Roll. Album soundtrack ini seperti menggambarkan film Realita Cinta dan Rock and Roll yang menceritakan dua sosok sentral film ini Vino G Bastian dan Herjunot Ali yang ugal-ugalan di film garapan Upi ini. Ipang dan Didiet seperti mau menggambarkan betapa film ini memang rock and roll dengan lagu-lagu yang tidak kalah Rock and Roll. Sebut saja lagu Engga Ada Matinya dengan drum yang menghentak serta distorsi gitar kasar yang menjadi ciri khas Rock and Roll.

Soundtrack AADC yang melejit seiring kesuksesan filmnya (dokpri) 
Soundtrack AADC yang melejit seiring kesuksesan filmnya (dokpri) 

Selain lagu-lagu bertempo cepat, dalam album soundtrack Realita Cinta Rock And Roll juga terselip lagu-lagu bertempo slow seperti pada Bintang Hidupku. Lagu ini hanya diiringi suara gitar dan menjadi salah satu lagu yang diandalkan dari album garapan dua mantan personil Plastik Band ini. 

Duet Ipang dan Didiet Saad saat masih berada di Plastik sedikit banyak terbawa saat menggarap album soundtrack film yang juga dimainkan oleh Nadine Chandrawinata ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x