Mohon tunggu...
Taufiq Sudjana
Taufiq Sudjana Mohon Tunggu... Administrasi - Menulis adalah kegiatan lain di sela pekerjaan di sebuah sekolah swasta di Kota Bogor.

Bacalah dengan Nama Tuhanmu, dan ... menulislah dengan basmalah!

Selanjutnya

Tutup

Keamanan Pilihan

Wira Ananta Rudira

26 April 2021   02:26 Diperbarui: 26 April 2021   06:22 175 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Wira Ananta Rudira
Wilayah Nusantara (Sumber: tangkapan layar Google Map)

Sebuah Esaikrostik

Warta semua media mengangkat peristiwa hilangnya kapal selam KRI Nanggala 402. Kapal itu kini dinyatakan tenggelam. KSAL Laksamana TNI Yudo Margono memastikan KRI Nanggala 402 dalam kondisi subsunk alias tenggelam di kedalaman 850 meter.

Indonesia berduka atas musibah yang menimpa Korps Hiu Kencana itu. 53 awak kapal masih belum diketahui nasibnya.

Rasa duka menyelimuti warganet. Ribuan doa terpanjat dalam tagar Pray for KRI Nanggala. Bahkan semboyan Wira Ananta Rudira menjadi trending topik Twitter di Indonesia.

Apa Artinya Semboyan Satuan Kapal Selam itu?

Arti harfiahnya berasal dari bahasa Sansekerta, wira berarti pahlawan atau berani, ananta adalah tanpa batas, dan rudira adalah darah. Sedangkan menurut Komandan Sekolah Kapal Selam pertama tahun 1959, Laksma TNI (Purn) RP Poernomo, arti resmi Wira Ananta Rudira adalah Tabah Sampai Akhir.

Nama Nanggala yang disematkan pada kapal selam milik TNI Angkatan Laut (AL) tersebut pun rupanya memiliki makna yang dalam. Nanggala diambil dari nama senjata sakti Prabu Baladewa, seorang tokoh dari kisah pewayangan.

Adanya dua makna yang dalam dari semboyan resmi Satuan Kapal Selam Komando Armada II TNI AL, dan nama kapalnya sendiri yakni senjata pusaka Nanggala. Sungguh jika menghayati semangat yang terkandung dari istilah-istilah itu akan menjadi sebuah perenungan mendalam.

Namun, ironis memang, ketika mengetahui usia kapal itu sudah tua. KRI Nanggala diciptakan oleh Howaldtswerke di Jerman Barat pada 1978. Kemudian Menhankam/Pangab meresmikannya pada tahun 1981 .

Tidak heran jika setua itu sebuah mesin mengalami kerusakan. Bahkan, menurut catatan perbaikan terakhir adalah tahun 2012 di Korea Selatan. Setelah sebelumnya juga pada tahun 1989 mengalami perbaikan hanya berselang 7 tahun setelah pembuatannya. Maka jika dihitung dari perbaikan terakhir tahun 2012, berarti sudah lebih 7 tahun.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN