Mohon tunggu...
Taufiq Mushlih
Taufiq Mushlih Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa Hukum dan Jurnalis Foto

Saya Taufiq Mushlih asli Jakarta. Mahasiswa Ilmu Hukum di sebuah Universitas di bandung. Pekerjaan saya adalah influencer dibidang video dan foto. Saya juga beberapa kali mengisi acara seminar seputar dunia digital. Hoby Traveling, foto, analisis dan aktif sebagai mahasiswa.

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Perjalanan Solo Hiking di Gunung Pangradinan Bandung

4 Mei 2024   18:49 Diperbarui: 4 Mei 2024   19:01 120
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Saya (Taufiq) sedang berdiri dan melihat pemandangan yang berada di Puncak Gunung Pangradinan (Photo by Taufiq Mushlih) 

Pada tanggal 2 Mei 2024 saya memutuskan untuk kembali explore alam lagi khususnya di daerah Bandung karena saya bertempat di Cibiru Bandung. Perjalanan dimulai pada jam 15.20 WIB setelah waktu ashar. Saya bergegas dari cibiru untuk pergi menuju basecamp Gunung Pangradinan dengan motor, ditempuh dengan lama perjalanan yaitu 1 jam 10 menit lebih. Gunung Pangradinan berada di perbatasan Kampung Gorowek, Desa Mekarlaksana dengan Kampung Cikancung Girang, Desa Cikancung, Kecamatan Cikancung, Kabupaten Bandung. Jika ditarik garis lurus, kawasan ini berjarak sekitar 29 kilometer ke arah tenggara dari pusat Kota Bandung. 

Akhirnya setelah saya menempuh perjalanan dengan motor memakan waktu 1 jam lebih dari tempat tinggal saya, sampai juga di Basecamp pendakian Gunung Pangradinan pada pukul 16.20 WIB, karena waktu sudah sore akhirnya saya bergegas untuk melanjutkan pendakian ke atas puncak. Untuk harga masuk atau simaksi Gunung Pangradinan, yaitu Rp.10.000,. per-orang dan biaya parkirnya Rp.20.000., per-motor. Yaaa kita l

Selama perjalanan disuguhkan dengan pemandangan orang yang sedang bekerja di perkebunan dan juga pemandangan alam adem juga syahdu. Selama perjalanan trek nya ga ekstrim seperti gunung gunung lain pada umumnya, jalanya juga bebatuan dan tanah, jika hujan turun mungkin treknya akan becek karena tanah basah. Estimasi perjalanan ke puncak Gunung Pangradinan hanya sebentar, yaitu menempuh waktu 30 menit dengan berjalan santai. 

Savana atau padang rumput di sebalah timur Gunung Pangradinan (Photo by: Taufiq Mushlih)
Savana atau padang rumput di sebalah timur Gunung Pangradinan (Photo by: Taufiq Mushlih)

Setelah 30 menit berlalu akhirnya saya sampai di puncak Gunung Pangradinan, tingginya mencapai 1.236 MDPL (Meter Diatas Permukaan Laut) Di atas puncak, kita akan disuguhi sabana atau padang rumput luas yang memikat. Dari sana, tersaji Cekungan Bandung dan juga gunung-gunungnya. Jika kalian ingin melihat miniatur merbabu kalian bisa cobain mendaki ke puncak Gunung Pangradinan karena hampir mirip dengan suasana yang di keliling savana atau padang rumput yang luas.

Cocok banget untuk kalian yang ingin explore gunung tapi masih mulai, kalian bisa coba ke gunung ini. Treking minimal tapi disuguhkan dengan view yang maksimal. Yukkk kapan kalian coba kesini?

Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun